有云:人生不滿百,常懷千歲憂。在這滾滾紅塵裡,只因為無明,產生了千千萬萬的牽掛,一圈一圈、一層一層的把「心」牢牢給栓住了,緊緊的幾乎窒息,濃濃的淡化不開,生活的目的完全陷入一片對過去、現在和未來的茫然和錯覺裡,無暇探討生命真正的意義何在,於是,有了貪瞋痴愛,有了因果輪迴,有了生生死死永無止息的沈浮。
Ada yang mengatakan: kehidupan tidak memenuhi seratus, sering kali mengandung kekalutan selama ribuan tahun. Di dalam dunia fana yang penuh dengan gejolak, hanya karena kegelapan, menghasilkan ribuan dan laksaan ikatan belenggu, satu lingkaran demi lingkaran, satu lapisan demi lapisan telah menyelubungi hati dengan sedemikian eratnya, begitu erat sampai hampir putus nafasnya, begitu kental tidak bisa ditawarkan lagi, terjadi dari kehidupan seluruhnya terjebak/ terjerumus terhadap masa- masa yang telah lalu, masa sekarang, dan masa depan yang penuh dengan kekosongan dan pandangan yang salah, menyebabkan tidak tahu untuk mengetahuinya di mana letak makna dan arti dari kehidupan yang sebenar-benarnya, maka, dengan adanya ketamakan, keangkara- murkaan, kebodohan dan jalinan asmara, adanya roda tumimbal lahir, adanya hidup mati yang tanpa henti-hentinya tenggelam dan terapung.
明師一指已然超生,但是接著就要破累世的宿習,去煩惱障,否則還是不能了死,還是在輪迴當中流轉。
Satu petunjuk dari guru penerang sudah bisa mengatasi kelahiran, tetapi setelah itu harus menerobos belenggu-belenggu yang mengikatnya selama beberapa kali penitisan, menghilangkan kekalutan, kalau tidak masih saja tidak dapat mengakhiri kematian, masih saja berada dalam roda tumimbal lahir.
在求道當下每一個人均已明體,只因知障而無法悟空,故要時時觀照,由心、由潛意識下手,轉而步入空境,而且能夠無住,不在善惡福罪當中偏浮。
Di saat memohon Tao setiap orang pada saat itu juga telah memahaminya, dikarenakan ketidaktahuan menyebabkan tidak bisa menyadarinya, maka hendaklah setiap saat berintrospeksi dimulai dari hati, dan pikiran, kemudian pelan-pelan akan memasuki ke tahapan kesunyataan, malahan dapat ada pegangannya, tidak terapung-apung lagi di dalam baik dan jahat
修道不外人事。彼此,當思想無法溝通,無明產生時,此乃累世識能的輪迴,燃燒起來滋味很難受。
Membina Tao tidak hanya terletak pada persoalan individu saja. Kedua pihak pemikirannya saling bertentangan tidak bisa bermusyawarah, sewaktu timbul api emosi, itu dikarenakan ingatan terpendam pada beberapa kali penitisan, kemudian terbangkitkan menyebabkan rasa yang sangat sukar untuk dicerna.
各人的愛愁與執著產生無明,是生死輪轉不止的主因,凡事隨心不要攀緣,否則產生執著,則心智無法啟發不能成大器,須知「愛河千尺浪,苦海萬重波」,人一生執著就無法自在。
Cinta dan kesedihan serta terbelenggu pada ikatan dari seseorang telah menyebabkan kegelapan batin, merupakan akar permasalahan dari perputaran tumimbal lahir yang tidal terhentikan, segala permasalahan menuruti hatinya, jangan suka menentang perjodohan yang ada, kalau tidak akan menimbulkan belenggu keterikatan, menyebabkan kearifan hati tanpa bisa terbangkitkan dan tidak dapat menjadi orang yang berhasil, haruslah tahu: [sungai asmara mempunyai gelombang yang ratusan meter, lautan penderitaan memiliki laksaan gelombang yang berat dan penuh dengan rintangan], manusia seumur hidup selalu terbelenggu tanpa bisa memperoleh kebebasan.
所謂習慣乃個人累世的宿習,而「我的」,「我做的」,「我本來就有的」等等都是執著,都是無明。
Yang dimaksud dengan kebiasaan adalah sifat yang ditimbun oleh seseorang pada beberapa kali penitisan, dan [saya punya], [yang saya lakukan], [pada dasarnya saya sudah ada memilikinya] dan lain-lain, semuanya adalah belenggu keterikatan, semuanya adalah kegelapan.
要破無明說難很難,說簡單也非常簡單,只要一個念頭轉過來就好了,只是要跨越一個念頭卻非常困難。如何跨越呢?首先相互間思想要充份的溝通,每件事情每個人的出發點都是善意,但要配合整體來觀察,亦即所謂通盤的考慮,例如;家人反對素食只因為怕導致營養不良,這時,要以感激的心情,和顏悅色的態度加以說明,充份溝通之後事情自然圓滿。
Hendak memecahkan kegelapan bilang susah sangatlah susah, bilang gampang juga sangatlah gampang, asalkan sebuah niatan teralihkan sudahlah baik, hanya ingin melampaui sebuah niatan malahan sangat susah sekali. Bagaimana cara untuk melampauinya? Pertama-tama pemikirannya haruslah saling berkomunikasi, setiap permasalahan setiap orang mempunyai pikiran yang bermaksud baik, tetapi disesuaikan pada keseluruhannya dalam mengamati, malahan itulah yang dimaksud dengan penyaringan/ pengujian secara keseluruhannya. Umpamanya: keluarga melarang kita bervegetarian hanya lantaran takut bisa menyebabkan kekurangan gizi, pada saat itu, hendaklah menggunakan perasaan hati yang penuh dengan bersyukur dan terima kasih, dan cara yang ramah-tamah dalam menjalankannya, setelah berkomunikasi dengan baik secara alamiah akan sangat sempurna.
此外,時時站在別人的立場反觀,去除我見,想想看,甚至連肉體都並非我有了,還有什麼是我的呢?因此要隨時為他人設想一下,例如點傳師站在講師壇主的立場來看,而講師壇主也要時時為點傳師著想,如果點傳師有不完美的地方,也要想到點傳師沒有功勞也有苦勞,沒有苦勞也有疲勞,這一點希望徒兒都能做到。
Di samping itu, setiap saat selalu berdiri pada posisi dari orang lain dalam mengamatinya, menghilangkan pendapat diri sendiri, pikirkanlah, malahan sampai-sampai badan kasar ini juga bukan merupakan milik saya, masih ada apa yang merupakan milik saya? Oleh sebab itu hendaklah setiap saat selalu demi orang lain, mementingkan kepentingan orang lain, seperti pandita berdiri pada poosisi juru kotbah dan pengurus vihara dalam mengamatinya, juru kotbah dan pengurus vihara harus setiap saat berpikir demi pandita juga, kalaulah pandita ada melakukan sesuatu yang kurang begitu sempurna, juga harus memikirkan pandita juga telah begitu bersusah- payah, yang ini harap para murid-murid sekalian semuanya bisa melakukannya.
一有思考,就不是道,那叫做人心,叫做聰明。動了人心,這個智慧,也就不一樣了。智慧跟聰明可是不一樣啊!你們得要搞清楚喔!智慧發於天心,不偏不倚。用了人心、用了聰明,就會自誤。
Ada pertimbangan sudah bukan Tao, itu disebut dengan hati badani, disebut dengan kepintaran. Tergeraknya hati badani, kearifan juga sudah lain. Kearifan dengan kepintaran adalah berlainan! Kalian haruslah memahaminya dengan jelas! Kearifan berasal dari hati Ilahi, tidak miring tidak beraneh-aneh. Mempergunakan kepintaran akan menelantarkan diri sendiri.
什麼是聰明?聰明的心,容易有對待,有了對待心,就可能害了你自己。做這一件事情,想一下,有沒有利益?做那一件事情,想一下,會不會害死我?所以說啊,用了聰明來做事,你就有可能誤了你自己。比如說呢!你今天來這裡聽道理,一進門你就想,會不會是邪教啊?所以說,這個聰明已輸於智慧了。你們希望聰明呢?還是希望智慧?
Apa itu kepintaran? Hati yang pintar, gampang timbul balas-membalas, adanya hati yang balas- membalas, kemungkinan akam mencelakakan kamu sendiri. Melakukan perbuatan ini, pikirkanlah barang sejenak, apakah ada manfaatnya? Melaksanakan pekerjaan ini, pikirkanlah barang sejenak, bisakah mematikan saya sendiri? Maka dikatakan, mempergunakan kepintaran dalam melakukan sesuatu, kamu mungkin akan menelantarkan kamu sendiri. Seperti contoh di bawah ini! Kamu hari ini datang mendengarkan ceramah Dharma, masuk ke pintu sudah berpikir, bisakah merupakan ajaran yang sesat? Maka dikatakan, kepintaran ini sudah kalah dengan kearifan. Kalian berharap jadi pintar? Ataukah berharap lebih arif?
大智慧得要若愚,聰明的人,時時刻刻表現自己,一直希望往上爬,好表現自己。智慧的人呢,他怕爬得太高,跌得太重。有一句話說:聰明反被聰明誤。樹大招風啊!你爬得高,風一來,是不是先把你給掃下來啦?所以說,我們的志節得要高、心氣卻得要低啊!
Orang yang berkearifan besar haruslah seperti kebodoh- bodohan, orang yang pintar, setiap saat selalu ingin menonjolkan kemampuannya, selalu berharap meningkat terus, agar bisa menonjolkan diri sendiri。 Orang yang arif, dia takut memanjat terlalu tinggi, jatuh akan sangat parah/berat. Ada pepatah mengatakan: kepintaran malahan ditelantarkan oleh kepintarannya. Pohon yang besar mengundang angin! Kamu memanjat terlalu tinggi, datang angin bukankah duluan akan menjatuhkan kamu? Maka dikatakan,tekad kita haruslah tinggi, hawa hati haruslah rendah。
已至末年了,但望徒兒一明理二明理三明理。
第一明理需知「真」。第二明理需知「善」-以仁心待人而非人心。第三明理需知「美」-讓人生充滿美。
Sudah sampai pada akhir zaman, tetapi berharap murid-murid sekalian bisa: satu; memahami hakekat kebenaran, dua; memahami hakekat kebenaran, ketiga; memahami hakekat kebenaran. Memahami hakekat kebenaran yang pertama haruslah tahu akan [keasliannya], memahami hakekat kebenaran yang kedua adalah harus mengetahui akan [kebajikannya]; dengan hati yang belas-kasih dalam menghadapi orang lain melainkan bukan dengan hati badani。 Memahami hakekat kebenaran yang ketiga adalah harus mengetahui akan [keindahannya]; kehidupan yang penuh dengan keindahannya.
老師希望你們要有智慧去辨別是非,是理則進,非理則退。老師希望你們還必須有定持之心,定住了你這個方向,把持住你這個目標,一生一世再也不移,這樣子才足以與聖賢同儕。
Guru berharap kalian ada berkearifan untuk membedakan betul dan salah, adalah sesuai dengan hakekat kebenaran haruslah maju terus, tidak sesuai dengan hakekat kebenaran haruslah mundur. Guru juga berharap kalian harus mempunyai hati yang gigih dalam menjaganya, tetapkan arah dari kamu, pertahankan tujuan dari kamu, seumur hidup tidak akan bergeming, dengan demikian barulah cukup untuk berbuat seperti yang dilakukan oleh para orang suci.
你更要以你的智慧去善自權謀,去活潑運用,雖然佛有佛法,但是不失玲瓏,只要你們不踰越規矩,你怎麼樣做都是佛法。
Kamu semakin harus mempergunakan kearifan kamu untuk dengan bijaksana menghilangkan kekuatan dan akal bulus, mempergunakannya dengan fleksibel, walaupun Buddha ada memiliki Dharma Buddha, tetapi tidak kehilangan akan fleksibelnya, asalkan kalian jangan melampaui aturan yang ada, bagaimana pun kamu lakukan tetap adalah Dharma Buddha.
現代人聰明反被聰明誤,聰明並不是真智慧。修道最重要的是要提出真智慧。
Orang zaman sekarang pintar malahan ditelantarkan oleh kepintarannya, pintar malahan bukan merupakan kearifan yang sejati. Membina Tao yang paling penting adalah mengeluarkan kearifannya.
假聰明者會偏激愛表現。真聰明的人是大智若愚。
Orang yang pintar selalu suka memamerkan kebolehannya, orang yang arif merupakan orang yang seperti bodoh, tetapi sangatlah arif.
有智撥得乾坤轉,無智反被道理埋。
Yang arif akan bisa memahami segala aspek kehidupan dengan sangat transparan, tanpa kearifan malahan akan terkubur dan terpendam oleh hakekat kebenaran tersebut.
熄滅煩惱降伏諸魔,才可脫出五陰三界。
Memadamkan kekalutan barulah bisa menumpas siluman, barulah dapat meloloskan diri keluar dari cengkraman lima negatif dan tiga alam [tumimbal lahir]
有我就有苦,而解鈴還須繫鈴人,要脫煩惱苦海,需靠本身的力量,別人是無法幫助的。
Ada keakuan maka ada penderitaan, dan ingin melepaskan simpul, haruslah orang yang mengikat simpul tersebut, haruslah melepaskan diri dari kekalutan lautan penderitaan, perlu mengandalkan kekuatan dari diri sendiri, orang lain tidak bisa membantunya。
如何解脫呢,要從身口意修持著手,一切念頭思想行為皆由五蘊所引起,從修持中來袪除不良的習性,靜熄動心。忍辱包容有度量,逆來順受增長智慧,時時為別人設想,自然活得超脫快活。
Bagaimana melepaskannya, hendaklah menuruti badan, mulut dan pikiran dalam membinanya, segala niatan dan pemikiran adalah tergoda oleh kelima racun dunia,melalui pembinaan untuk menghilangkan kebiasaan yang tidak baik, diamkan dan padamkan gejolak hati。 Bersabar dari hinaan dan ada kelapangan dada, menghadapi ketidak lancaran, menerima dengan ikhlas baru bisa menambah kearifan, setiap saat selalu memikirkan demi orang lain, dengan alamiah akan hidup dengan bergembira.
現在所體悟而說出來的話,經過時空的差距,半年後可能已經改變,但此刻的心聲還是必須講出來,才能化於氣,才會消化。每一個人所講的均在數理當中,有著對待,故凡事要迴光反照,如此,在闖關遇到魔考時,才能明辨。
Apa yang telah disadari pada saat ini dan dikatakan keluar, melewati perbedaan waktu yang ada, setelah lewat setengah tahun kemungkinan sudah ada perubahan, tetapi pada saat itu jeritan hati masih harus dikatakan keluar, barulah dapat menetralkan hawa, barulah bisa menawarkannya. Apa yang dikatakan setiap orang hanyalah masih terjerat oleh bayang-bayang duniawi, ada balas-membalas, maka setiap permasalahan haruslah bisa berintrospeksi, dengan demikian sewaktu menghadapi ujian siluman barulah dapat dengan jelas dalam membedakannya.
際此普渡之期,大家都是上求佛道,下渡眾生的一群,因此必須精進,然後應機而說,法本無高下或深淺之分別,只要適合對味即可。
Pada zaman pelintasan secara global ini, semua orang di atas memohon Tao menjadi Buddha, di bawah melintasi umat, oleh sebab itu haruslah bergiat, kemudian lalu berkata menuruti jodoh yang ada, Dharma pada dasarnya tanpa adanya tinggi dan rendah, dalam dan dangkal, asalkan sesuai dengan cita rasa diri sendiri saja.
Minggu, 01 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Perhatikan penggunaan kata "melintasi"! jangan sok ngawur! malu-malu-in aja sebagai penerjemah! kalau tidak percaya tanyakan saja pada guru bahasa SD, melintasi berarti menyebrangi sedangkan melintaskan artinya menyebrangkan!
BalasHapus