.
天道自古以來,師師相承,無令斷絕,有道者通,無心者得,既得道者,得明師指點已開竅者,去卻內心之妄想,行自己本性所秉受之天德,利益人群,代天宣道,則金線相連。
Thien Tao dari dulu sampai sekarang, diturunkan secara turun-temurun, tanpa terputuskan, ada Tao berarti terlancarkan, tanpa niatan hati berarti telah mendapatkannya, kalau pun sudah mendapatkan Tao, mendapatkan satu petunjuk dari guru penerang, untuk menghilangkan pikiran yang tidak-tidak yang ada dalam hati, melaksanakan sifat semula dari diri sendiri yang ada terkandung moral langit di dalamnya, membawakan manfaat kepada orang banyak, mewakili langit menyebarkan Tao, maka seutas benang emas akan menyertainya.
內慾不淨,外行自私,明師同在,仍非金線。金乃西方,五行屬白,白乃清清白白,即是明明德,既得了道,明白自性之德,而後親民,自然止於至善,至善則是佛地。
Keinginan/ nafsu hati yang tidak jernih, dilaksanakan keluar juga akan sangat egois sekali, guru penerang beserta kita, bukanlah adalah seutas benang emas. Emas adalah arah barat, di dalam lima unsur berunsur putih, putih berarti putih bersih, adalah MING MING TE [telah memahami dengan jelas akan sifat semulanya], kalaulah sudah mendapatkan Tao, memahami akan moral yang terkandung dalam sifat semula, kemudian mengabdikan pada orang banyak, dengan sendirinya akan terhenti pada titik kebajikannya, kebajikan yang paling tinggi itulah Buddha.
修道頓法重在無形之達到,非是有形之形式,無為是超生之道,有形是福報之緣份,此理明白,何必問金線。
Membina Tao dengan cara TUN FA [kesadaran diri] adalah mementingkan pada pencapaian yang tanpa berujud, bukan merupakan hal yang berujud, tanpa dibuat-buat merupakan Tao yang bisa mencapai mengatasi kelahiran, yang ada wujud adalah jodoh pembalasan rezeki, kalaulah memahami hakekat kebenaran ini, mengapa harus bertanya tentang seutas benang emas.
體系不亂,金線就在其中,十五條佛規,為何叫作暫定佛規?什麼事都要悟,悟則是覺,覺者佛也,不悟不覺眾生也,佛與眾生,只在一心之別耳。
Systim tidak kacau, seutas benang emas akan berada di dalamnya, ke 15 perarturan Buddha, mengapa disebut dengan peraturan sementara peraturan Buddha? Hal apa pun haruslah disimak dengan baik, barulah bisa mencapai kesadaran, kesadaran itu adalah Buddha, tidak menyimaknya dengan jelas tidak bersadar itulah umat, antara Buddha dan umat, hanya dibedakan pada hatinya saja.
什麼叫先天大道?就是在天地未生成之前,道就有了。你今天修道,道本就在;你今天不修道,道還是在。所以要修不修就看你們,做鬼做禽獸,做畜生、做神仙同樣是一個「靈」。
Apa yang disebut dengan SIEN THIEN TA TAO? Adalah sebelum adanya tercipta langit dan bumi, Tao itu sudah ada. Kamu hari ini membina Tao, Tao pada dasarnya sudah ada, kamu hari ini tidak membina Tao, Tao juga tetap ada. Maka membina atau tidak tergantung pada kalian, menjadi hantu, menjadi binatang, menjadi Buddha tetap saja adalah sebuah [roh].
十八組同一天道,不要有分別心,同樣均為上天之道,道不分而人自分,大家都犯了這條,佛規要守,但要活潑玲瓏,勿固步自封。九六原子,不要以為那是別組就不是道了,大家都是兄弟姐妹,就像法船一樣,船要開了,事關生死,此時大家是否還「分」?徒兒應知自己是否坐穩?自己都做不穩了如何渡人,渡九玄七祖?自己的樹葉都無法長大了,還想渡九玄七祖,在為師看來,此乃難上難啊!
18 aliran sama-sama adalah THIEN TAO, jangan ada mempunyai hati yang saling membeda-bedakan, sama-sama merupakan Tao yang berasal dari langit, Tao tidak membedakan hanya manusia yang saling membedakannya. Kalian semua telah melanggarnya, peraturan Buddha haruslah dijaga, tetapi haruslah fleksibel, jangan keras kepala menutup diri sendiri. Segenap umat janganlah beranggapan aliran lain lalu bukanlah Tao, semuanya adalah saudara-saudari, bagaikan Bahtera Dharma, kapal sudah mau berangkat, hal yang berhubungan dengan hidup mati, pada saat ini apakah kalian masih mau membedakannya? Murid-murid seharusnya tahu apakah diri sendiri sudah duduk dengan mantap? Diri sendiri saja belum mantap bagaimana bisa melintasi orang, melintasi sembilan keturunan dan tujuh tingkatan leluhur? Daun pohon dari diri sendiri saja belum besar, bagaimana masih bisa melintasi sembilan lapisan generasi dan tujuh tingkatan leluhurnya, guru melihatnya, sungguh sukar ditambah sukar!
修道最重要就是守住「忠、孝、節、義」,不能到處亂接靈駕以通靈,這不是正法,那是左道旁門。此時不是通靈的時機,通靈反會使你的心靈更不靜,通靈的人以後會很多,你如果去久了,天盤自然會鈎出。但是我們須依理分析,使他了解道之尊貴,如遇機緣成熟,那他依然會再回來向道,上天依然接受他,若去久了,心靈被其控制,就無法挽回了,你想拉他回來也沒辦法,只好聽其自然了。碰到這種不修不辦或離道的道親,我們也應該以禮相待,不能有對待心。
Membina Tao paling penting harus menjaga [keetiaan, bakti, kesopanan, loyalitas], jangan sembarangan berhubungan dengan hal-hal yang bisa kontak dengan hal yang gaib, itu bukanlah Dharma sejati, melainkan adalah yang sesat. Pada saat itu bukan merupakan masanya TUNG LING [dapat berhubungan dengan alam gaib], TUNG LING malahan akan membuat hati kamu semakin tidak tenang, orang yang bisa TUNG LING kelak akan sangat banyak sekali, kamu kalau pergi ke sana, maka akan tercoret namanya dari daftar yang di Nirwana. Tetapi kita menganalisanya berdasarkan hakekat kebenaran, agar dia bisa memahami betapa agungnya Tao, kalaulah bertemu dengan jodoh yang sudah matang, dengan demikian dia tetap saja akan kembali mengarah pada Tao, langit tetap saja akan menerima dia, kalaulah pergi terlalu lama, rohaninya sudah dikendalikan maka tidak akan sanggup untuk bisa ditolong lagi, kamu ingin menarik dia kembali juga tidak akan sanggup lagi, hanya bisa menuruti secara alamiah. Bertemu dengan saudara Sedharma yang tidak membina, tidak melaksanakan malahan meninggalkan Tao, kita juga seharusnya menghadapinya dengan sopan, jangan ada mempunyai hati yang suka berbalas-balasan.
天時緊急,救人就是救自己,自古聖賢能成聖成賢的功夫,不外乎四個字:正己成人。自明其德就是正己,再化新民就是成人,亦是渡人,辦道也。
Situasi langit begitu mendesak, menyelamatkan orang berarti menyelamatkan diri sendiri, dari dulu orang suci bisa mempunyai teknik berhasil membina jadi orang suci, tidak lain adalah empat huruf: tegakkan diri sendiri untuk mensukseskan orang lain, diri sendiri memahami akan moralitasnya, barulah dapat menegakkan diri sendiri, mengajari orang lain agar menjadi manusia yang baik adalah mensukseskan orang lain, yakni melintasi orang lain, melaksanakan Tao.
徒兒可知修道之人若只有外功,沒有內功,將來結果如何?種瓜得瓜,種豆得豆,古之理不易,所以將來上天堂須再修內性,但是在天堂修內性比在人間修更困難,再不能修者即貶入人間再修,或享福盡功德消矣!
Tahukah murid-murid, orang yang membina Tao, kalaulah Cuma hanya ada pahala luar, tanpa adanya pahala dalam, kelak hasilnya akan jadi bagaimana? Menanam labu ada mendapatkan labu, menanam kacang akan mendapatkan kacang, hakekat kebenaran dari dulu adalah tidak berubah, maka kelak berpulang ke Nirwana haruslah membina lagi akan jasa pahala dalamnya, tetapi di Nirwana membina hati lebih sukar/sulit dibandingkan di dunia, tidak dapat membinanya akan diturunkan ke dalam dunia lagi untuk kembali membina, atau pun setelah jasa pahala habis dinikmati.
天道普傳,佛堂是先天大道直轄之堂,乃 老 之壇。在外表而言,佛堂比一般鸞堂為小,可是在無形而言,先天佛堂為大,祂之責任重,而受天命傳授三寶心法,比任何寺廟鸞堂為重也。但是鸞堂雖不傳授三寶心法,祂亦負有代天宣化,教人明善之責任。只是一明一暗,一顯一隱而已。『明顯是以教,暗隱是以道。』故二者不可分離也。
Perkembangan dari THIEN TAO, vihara merupakan tempat yang langsung diatur oleh Tao, merupakan vihara dari LAU MU, dibahas melalui wujud luarnya, vihara lebih kecil dibandingkan dengan kuil-kuil pada umumnya, tetapi secara tidak berwujud rupa, vihara adalah yang paling besar, tanggung jawabnya sangatlah berat sekali, dan menerima perintah dari langit untuk mewriskan Dharma hati dati tiga pusaka, lebih berat daripada kelenteng-kelenteng pada umumnya. Tetapi kelenteng walau pun tidak meneruskan/ mewariskan Dharma hati tiga pusaka, tetapi mereka bertanggung jawab untuk mewakili langit mewartakan berita Ilahi, bertanggung jawab mengajarkan orang supaya mengarahkan pada kebajikan. Hanya adalah satu terang yang lainnya gelap, satu tertonjolkan yang lainya adalah secara diam-diam, Cuma itu saja.[yang jelas dan kentara itu adalah ajaran, yang diam-diam itu adalah Tao], maka tidak bisa dipisahkan.
慈善家不是道,道兼而有之;佈道家不是道,道兼而有之。
Seorang dermawan bukanlah Tao, ada mengandung Tao barulah bisa melaksanakannya; seorang pembabar kitab suci bukanlah Tao, ada mengandung Tao barulah bisa melakukannya.
修道必須遵師命,未命不敢先,既命不敢後,有命不可違,無命不可自專。但也須看甚麼事,如若濟世救民仁義道德之事,又當別論,孔子曰:當仁不讓於師。
Membina Tao haruslah menuruti perkataan sang guru, sebelum ada perintah tidak berani untuk mendahului, ada perintah tidak berani melanggarnya, tanpa ada perintah tidak berani mengambil keputusan sendiri. Tetapi juga harus melihat hal apa, kalaulah seperti menolong dunia menyelamatkan moral orang yang sudah bobrok, lain lagi masalahnya, Konfusius berkata: belas- kasih tidak boleh mengalah walaupun terhadap gurunya.
三期末劫,萬教齊發,我們開了法會踏上法船,應自我肯定,勿為神通異術迷失,勿為旁門左道跳船。
Masa terakhir jaman ketiga, laksaan aliran berkembang pesat, kita membuka kelas Dharma menapaki Bahtera Dharma, seharusnya berkeyakinan pada diri sendiri, jangan demi yang berbau mistik dan gaib membuat diri sendiri jadi tersesat, jangan demi aliran yang sesat lalu melompat lari ke sana.
為師所給你們傳授的是三寶心法!引人入悟。
Guru mewariskan pada kalian akan Dharma hati tiga pusaka! Menuntun orang menuju kesadaran.
教育的是真理至學!引人入聖。
Yang diajari adalah hakekat kebenaran! Menuntun orang menjadi orang suci.
忌諱的是術流動靜!引人入魔。
Yang dipantangkan adalah hal yang gaib dan mistik! Menuntun orang menjadi siluman.
貶斥的是妖言邪說!引人入迷。
Yang tidak diperbolehkan adalah sembarangan berkata dan berkata dengan perkataan yang sesat! Menuntun orang menjadi percaya akan tahayul.
故修道人要有智的頭腦—分辨真偽者。
Maka seorang pembina Tao harus mempunyai pemikiran yang berkearifan, agar bisa menbedakan yang asli dengan yang palsu.
仁的胸懷--接納自新者。
Berlapang dada memiliki [belas- kasih]; untuk menerima dan menampung diri sendiri yang hendak memperbarui diri.
勇的精神--救渡沈迷者。
Semangat yang berani; untuk menolong menyelamatkan bagi orang- orang yang tersesat.
上天之道很寶貴,一年過了又一年,唯恐明日西邊墜,大道涅槃無處研,任你金錢幾萬貫,難買時光倒回轉。
Tao yang berasal dari langit sangat berharga sekali, setahun demi setahun terlewatkan, hanya ditakutkan matahari jatuh dari arah barat, Tao sudah tidak bisa diwariskan lagi, walaupun harganya setinggi gunung pun, sukar untuk membeli waktu untuk kembali terulang lagi.
外道只是興一時,但是不能長久,應依五教聖人之經典理路去修持,才是正道。
Aliran di luar Tao hanya bisa jaya sesaat, tetepi tidak dapat selamanya, berdasarkan kitab suci peninggalan kelima nabi dalam membina diri, barulah merupakan Tao yang sejati.
什麼叫「道隱道費,自有天定」?費就是顯;隱藏起來的時候就叫做隱。現在大道都上新聞了,那你們為什麼還來啊?有的人根基深厚,雖然道已經上新聞了,他還是向前走,向前去辦。有的人,他根基深厚,道明了,他就躲躲藏藏。你們說,到底是誰的根基深厚?你們自己去想啊!為師講,只是點到為止,天機不可洩漏。
Apa yang disebut dengan [Tao ada saat sembunyi/yin dan ada saat terang/fei, tergantung atas ketentuan dari langit]? Sewaktu fei itu adalah termunculkan keluar; sewaktu disembunyikan disebut dengan saat Tao tersembunyikan. Sekarang Tao telah masuk TV, lalu mengapa kalian masih datang? Ada orang yang berakar jodoh yang dalam, walaupun Tao sudah masuk berita, dia masih tetap maju terus, terus melaksanakannya. Ada orang, akar jodohnya sangat dalam sekali, Tao sudah jelas, dia lalu sembunyikan dirinya. Kalian bilang siapa yang lebih mendalam akar jodohnya? Kalian sendiri yang memikirkannya? Guru hanya bisa omong sampai di sini saja, rahasia Tuhan tidak boleh dibocorkan.
有緣千里來相會,無緣對面不相逢,就是為了這個「緣」你們跟為師之間有這麼一段緣,你們跟引保師之間也有那麼一段緣,跟你們的前人,你們的點傳師也是緣。有緣的人,無論如何的受考受驗、受毀受謗,他還是要向前地邁進。有緣無份的人,他就會半途而廢;有緣還得要握緣。今天你們趕上了,記住這一句話,「道隱道費,自有天定」!
Ada jodoh walaupun berjarak ribuan mil juga akan bisa berjumpa, yang tidak berjodoh berhadap-hadapan saja tidak akan berjumpa, adalah demi [jodoh] ini kalian dengan guru ada menjalin sebuah jodoh, kalian dengan pengajak dan penjamin kalian juga ada jodohnya, dengan sesepuh kalian, dengan pandita kalian juga ada berjodoh. Orang yang berjodoh, tidak peduli menjalani cobaan dan ujian yang bagaimana pun pasti akan bisa diterimanya, mendapatkan hinaan dan fitnahan, dia masih terus maju ke depan! Orang yang ada jodoh tanpa ada bagiannya, dia akan berjalan sampai separuh perjalanan saja, ada jodoh juga haruslah memanfaatkan jodoh. Hari ini [Tao ada saat terang dan ada saat tersembunyi, tergantung pada perintah dari langit]!
Minggu, 01 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar