釋迦牟尼佛當初在開法會的時候,他拈花示眾,比了一個樣子,不就是傳授了這點嗎?難道是教他參禪打坐,才傳給他「道」的嗎?現在很多人都覺得參禪打坐很好,尤其年青人,不只你們,報紙上也有這麼說,有大專生,大學生,高中生,他們比較好奇,他們喜歡去追求那些莫須有,也可以說比較虛靈,虛茫的事理哲學,他覺得他很有學問,為什麼「靈魂與我」這本書很多人買.,為了學參禪打坐。結果呢?能清靜嗎?本身就是什麼都想,你不能清心寡慾,怎麼能清靜呢?
Buddha SAKYAMUNI pada saat membuka kelas Dharma, beliau meremas bunga mempertunjukkan pada banyak orang, menunjukkan suatu bahasa isyarat, bukankah itu lagi mewariskan satu petunjuk suci? Apakah ada mengajari mereka bersemedi, barulah mewariskan Tao kepada mereka? Sekarang ini begitu banyak orang merasakan bersemedi itu sangatlah baik, apalagi anak muda, bukan hanya kalian, koran juga ada memuatnya, ada terdapat mahasiswa, murid sekolah kejuruan, SMA, rasa tahu dari mereka begitu tingginya, mereka lebih suka pergi mengejar yang tidak perlu ada, juga boleh dibilang yang begitu mistik, falsafahnya serupa, dia beranggapan dia sangat berpengetahuan,mengapa buku [roh dan saya] begitu banyak orang yang membelinya, demi untuk mempelajari teknik semedi. Akhirnya? Apakah dapat tenang, pada dasarnya apapun selalu dipikirkan oleh diri sendiri, kamu tidak dapat menenangkan hati diri sendiri, bagaimana bisa tenang!
你不能清靜,就不能達到無為,就不能真空,而是頑空,這樣能清靜?自己可能想著靜坐是不是能看到什麼?聽說有三界十方,我若能靜坐,就可看到我自己或者看到仙佛,看到鬼魂,看到妖魔鬼怪,看到……首先你就有這種妄想,就是幻影。你們眼睛閒著卻是在思想,你們在想是不是就很像電影一樣,什麼虛幻都往這裡飄過,那就是這裡在想,不是頭腦在想。
Kamu tidak bisa tenang, tidak akan bisa mencapai pada tanpa berpura-pura tanpa dibuat-buat, tidak dapat mencapai ke hampaan yang hakiki, apakah bisa tenang? Diri sendiri kemudian berpikir hendak bersemedi adalah bertujuan untuk melihat sesuatu? Kabarnya ada terdapat tiga alam, kalaulah saya dapat bersemedhi akan bisa terlihat saya sendiri atau melihat Buddha, hantu, siluman,------, terlebih dahulu kamu ada mempunyai pikiran yang muluk, tentu hanya merupakan bayangan semu saja. Mata kalian terpenjam malahan lagi berpikir, kalian lagi berpikir bukankah seperti ilmu saja, bayangan semu apapun selalu berterbangan kesana-kemari, itu lantaran roh itu yang lagi berpikir, bukan otak kamu yang lagi berpikir.
當人死了以後:大腦、小腦,延腦,什麼腦都有,但卻不能想。要想就是用這裡來想,當你這裡不能清靜時,怎麼能參禪打坐?你就容易走火人魔。他們能靜得起來打太極拳,也能靜得起來在那裡蹦在那裡跳,還甚至有人靜得起來跳狄斯可,那是什麼?難道是合理合情的嗎?
Setelah orang meninggal; otak besar, otak kecilnya, otak apapun ada, tetapi malahan tidak bisa berpikir. Hendak berpikir harus menggunakan roh dalam berpikir, sewaktu kamu tidak dapat berpikiran jernih, bagaimana bisa bersemedhi? Kamu akan mudah terjerumus ke dalam cengkraman siluman. Mereka bisa tenang dari bermain TAI CHI, juga bisa tenang sampai bisa berjingkratan, meloncat kesana-kemari, masih ada orang yang sangking tenangnya bisa berdisko, apa pula itu? Apakah ada sesuai dengan peraturan yang ada?
有的說啊,他們靜,什麼都能看得到,他講你信嗎?譬如說,我現在說你是什麼?你相信嗎?那是虛渺的,不必去信那個,我並非勉強說一定要信這個道。但是,只要你能夠研究道理,你研究這個真理,你認理的話就不用我去拉你參憚,而你自能明白「禪」的真義。
Ada yang mengatakan, mereka tenang, sampai apapun bisa terlihat. Omongan dia apakah kamu mempercayainya? Seperti guru sekarang bilang kamu adalah apa, apakah kamu mempercayainya? Itu hanyalah kehampaan yang semu, tidak perlu mempercayainya, guru bukan hendak memaksakan harus percaya akan Tao. Tetapi, asalkan kamu hendak menelaah Tao ini, kamu menelaah tentang hakekat kebenaran, kamu memahami akan Tao maka tidak usah guru menarik kamu untuk menelaah Zen, karena kamu dengan sendirinya akan memahami hakekat kebenarannya, makna dari [Zen] tersebut.
以前是先修自己,等自己修好了,才能去得道,才能去化人。但是現在不是,現在是你們先求道,再修道,內聖,外王都要齊備。
Dahulu harus duluan membina diri sendiri, menunggu setelah diri sendiri membina dengan baik, barulah dapat Tao, barulah dapat melintasi orang. Tetapi sekarang bukan demikian, sekarang ini kalian duluan memohon Tao, baru membina Tao, jasa pahala dalam dan luar harusalah lengkap.
內聖:要修自己。最主要是要清靜,自己要把毛病脾氣刪除;要學得柔,學上善若水,才能清靜無為,喜怒哀樂也能發乎中,你自然能達到真空,達到無為。
Nei seng[jasa pahala dalam]: hendak membina diri sendiri, yang paling penting adalah ketenangan, diri sendiri harus menghapuskan segala tabiat/sifat jelek, harus belajar yang lembut, belajar yang paling baik itu bagaikan air, barulah dapat tenang tanpa dibuat-buat, senang, marah, sedih dan gembira juga dapat dikeluarkan, dengan sendirinya kamu akan dapat mencapai kekosongan/kehampaan, mencapai pada tahap tanpa dibuat-buat.
外王:就是去渡人,化人。你們拜觀音菩薩,為什麼拜他?是不是他有他的歷史,有他的犧牲,他沒犧牲的話,人家會朝拜他嗎?他聞聲就去救人,到處去化人,犧牲自己,他沒有犧牲就沒有他的代價啊!
Wai wang [jasa pahala luar]: adalah pergi melintasi orang, menasihati orang. Kalian menyembah dewi KWAM IM, mengapa menyembah beliau? Bukankah beliau ada mempunyai sejarahnya, ada pengorbanan beliau, beliau kalau tidak berkorban, apakah orang lain bisa menyembah-Nya, beliau tidak berkorban maka tidak akan ada nilainya!
你的祖先誰拜?是不是你的子孫拜?甚至於有時候連子孫都不拜,別人他會不會來拜你的祖先?不會,因為,他沒有救過人,沒有幫助過人,別人不認識他,對不對?為什麼仙佛萬人朝拜?因為他幫助過人,也救過人,能聞聲救苦,所以大家要朝拜他,感恩圖報,對不對?
Leluhur kamu siapa yang menyembahnya? Bukankah anak cucu kamu yang menyembahnya? Malahan terkandang anak cucunya tidak menyembahyanginya, orang lain apakah bisa bersembahyang pada leluhur kamu? Tidak bisa, karena dia tidak pernah menyelamatkan orang lain, tidak pernah menolong orang lain, orang lain tidak mengenal dia, betulkah? Mengapa Buddha ada begitu banyak orang yang menyembah-Nya? Karena dia membantu orang lain, juga pernah menyelamatkan orang, dapat mendengarkan jeritan lalu menolong dari penderitaan, makanya semua orang hendak menyembah-Nya, berterima kasih untuk membalaskan budi-Nya, betulkah?
所以你若是只有天天在家參禪打坐,你能清靜,你能把一切物慾雜念都掃開,掃得一塵不染,煙火也不食,那你就算成了嗎?你成了什麼仙?誰知道?誰拜你?你沒有利於社會,你沒有造福人群,你沒有救過人,誰拜你?講歸講,現在有好多人遇到這個問題,因為年青人比較好奇於追求到底是怎樣?越讓他看不到的境界,他越想要去探求。
Maka kalaulah kamu setiap hari selalu bersemedhi di dalam rumah saja, kamu dapat mencapai ketenangan, kamu bisa membuang segala nafsu/keinginan, menyapu sampai setetes abu pun tidak ada yang melekat lagi, apakah kamu sudah termasuk berhasil? Kamu jadi dewa apa? Siapa yang tahu? Siapa yang akan menyembah kamu? Kamu tidak menguntungkan nasyarakat, kamu tidak membawa kebahagiaan pada orang lain, kamu tidak pernah menolong orang, siapa yang menyembah kamu? Bicara hanya bicara saja, sekarang begitu banyak orang yang menghadapi permasalahan yang demikian, karena anak muda lebih pingin tahu untuk mengejar dan mencari tahu bagaimana bisa sedemikian? Semakin membiarkan dia tidak dapat melihat akan tahapannya, dia semakin akan pergi untuk mencari tahu.
為什麼說我們現在修道不要參禪打坐,又為什麼外面有流傳說,參禪打坐,身體能好,這要因人而異。有一點,他們說參禪打坐,身體能好,他若是能真的心靜,身體當然能好。你若是能使自己清心寡慾,身體也能好,但是人是多慾的,除非是數電線桿的白痴,他沒有慾念,他也沒有痴想,低能的。而一般人都是多愁的,也都是好想,妄想的。但是你要掃除這個慾念,不容易。為什麼說「思多血氣衰,慾寡精神爽」。你要能清心寡慾,你不妨多寫字,多看書,把你的精神全部貫注在書裡面。譬如你要背這篇書,你要考試了,我叫你把金剛經整本背起來,限你三天,你是不是不敢去想別的地方,一定是趕快背,一直背,非背出來不行。再看那些死囚犯就好了,你把他召來,你說:你若是在一個小時內,不要胡思亂想,把這個背起來,就赦免你沒有罪。他一定拚命的去背,他絕對不敢去想東想西的,那是不是比較少思寡慾,因為他的心貫注那裡。人就是飲食終日,無所事事,就會胡思亂想,所以才會惹來血氣衰敗,才有病痛,有八苦。只要能不妄想,該做的你就去做,該怎麼行,本本份份,你絕對不會惹來很多苦惱。樂觀的人看得開,是不是比較不會胡思亂想?一個人若自悲,多愁善感,他是不是一點點芝麻小事,都會去想。這兩種人,是樂觀派的身體比較不好,還是多愁善感的身體比較不好?
Mengapa di dalam pembinaan Tao kita tidak bersemedhi? Lalu mengapa di luaran lagi tersiar kabar bahwa semedhi itu baik untuk badan, itu tergantung pada individunya. Ada satu hal, mereka bilang semedhi itu baik untuk kesehatan, kalaulah dia benar-benar dapat menenangkan hatinya, badan tentu saja dapat baik. Kalaulah kamu dapat menenangkan hati kamu tanpa ada niatan/nafsu, badan juga bisa sehat. Tetapi manusia itu banyak terdapat nafsu/keinginannya, terkecuali dia adalah seorang yang bodoh dan ber IQ jongkok, baru dia tidak ada nafsu/keinginan, dia juga tidak ada pemikirannya. Kebanyakan orang semuanya adalah banyak nafsu/keinginan, juga banyak pikirannya, banyak berangan-angan. Tetapi kamu harus melenyapkan nafsu/ keinginan itu adalah tidak mudah. Mengapa dikatakan [banyak pikiran membuat hawa darah jadi melemah, nafsu membuat semangat jadi melemah]. Kalaulah kamu dapat menenangkan niatan nafsu, kamu boleh banyak menulis, banyak membaca buku, konsentrasikan dengan sepenuh hati pada buku. Seperti kamu ingin menghapalkan buku ini, kamu hendak ujian, saya menyuruh kamu menghafal seluruh kitab CIN KANG CHING [kitab sutra intan], hanya dibatasi selama tiga hari saja, bukankah kamu akan tidak berani untuk memikirkan yang lainnya, pasti harus percepat menghafalnya, terus menghafalnya tidak boleh tidak menghafalkannya. Kemudian melihat narapidana yang divonis dengan hukuman mati, kamu panggil mereka, kamu berkata: kamu kalaulah dalam jangka satu jam, tidak boleh sembarangan berpikir, hafalkan ini, maka akan membebaskan kamu dari hukuman, dia pasti berusaha sekuat tenaga untuk menghafalnya, dia tidak akan berani untuk memikirkan yang lainnya, karena hati dia terkonsentrasi penuh dalam menghafal. Manusia sepanjang hari makan nasi, tanpa ada aktivitasnya, akan sembarangan berpikir, maka baru bisa membuat hawa darahnya jadi melemah, barulah ada penyakitnya, ada delapan penderitaan kehidupan. hanya dengan tidak memikirkan yang tidak-tidak, yang sepantasnya dilakukan lakukanlah, yang pantas dilakukan, laksanakan menurut kewajibannya, kamu pasti tidak akan mendapatkan begitu banyak kekalutan. Orang yang optimis akan lebih terbuka pikirannya, bukankah akan lebih tidak sembarangan berpikir? Seseorang kalaulah selalu pesimis, banyak sekali kerisauannya, bukankah dia lebih memikirkan hal-hal yang hanya sepele saja, dua jenis orang ini, orang yang optimis badannya lebih sehat ataukah orang yang pesimis lebih sehat badannya?
唯恐思多血氣衰,卻不一定要天天在那裡靜坐,天天在那裡參禪,這樣得到的是什麼?空坐,骷體一個,不見得你就能靜,那何必呢?枉費你的時間,年紀輕輕,大家都是年青人,你天天坐在那裡,第一個對不起國家,第二個對不起你父母,第三個又對不起你自己,糟蹋你自己,何苦來哉,是不是呢?所以我們現在主要是把這個參禪打坐的時間,拿來充實自己,學海無涯,唯勤是岸。
Hanya ditakutkan kebanyakan berpikir hawa darah jadi melemah, malahan tidak pasti harus setiap hari duduk di sana bersemedhi. Setiap hari disana bersemedhi saja, yang demikian bisa mendapatkan apa? Duduk dengan hampa, hanya seonggok badan kasar, tidak pasti kamu bisa tenang, apa gunanya? Sia-siakan waktu kamu saja, usia masih muda, semuanya adalah anak muda, kamu setiap hari hanya duduk disana, pertama bersalah pada negaramu, kedua bersalah pada orang-tuamu, ketiga juga bersalah pada dirimu sendiri, menelantarkan diri sendiri, mengapa harus bersusah-payah, betulkah? Maka kita sekarang ini yang penting adalah daripada menghabiskan waktu untuk bersemedhi lebih baik lagi dengan menggunakan waktu untuk memperluas wawasan, belajar itu tanpa ada batasnya, rajin itulah pantainya.
一個人會煩惱重重,為什麼?因為他事情多,這個也操心,那個也煩惱,結果呢?是不是覺得很疲勞,那終久必定會病倒的,自己都解救不了,還解救誰?仙佛說過,你一日在這裡,沒有胡思亂想,就是一日的神仙。你若是胡思亂想有苦惱,就是一日的凡人。什麼事情,不要太好勝,也不要太好奇;有時候太好奇不著陸,就容易墜下去。墜下去,反而害到自己。
Seseorang bisa banyak kekalutannya, mengapa? Karena banyak masalahnya, ini juga dirisaukan, itu juga dikalutkan, akhirnya? Bukankah akan sangat kelelahan, akhirnya pasti akan jatuh sakit, diri sendiri tidak bisa mengatasinya, masih mau mengatasi permasalahan siapakah? Buddha pernah mengatakan kamu satu harian tetap disana, tidak sembarangan berpikir, akan menjadi dewa seharian. kamu kalaulah sembarangan berpikir, ada penderitaan akan menjadi orang awam seharian, permasalahan apapun jangan terlalu suka menang, juga jangan terlalu pingin tahu, terkadang terlalu pingin tahu tidaklah baik, akan gampang terjerumus. Terjerumus, malahan akan membahayakan diri sendiri.
博學,審問,慎思,明辨,才能篤行。你要廣博去學,有疑必問,那才叫做學問。
Berpengetahuan yang luas, dengan bertanya lebih seksama, berpikir dengan berhati-hati, membedakannya dengan jelas, barulah bisa dilaksanakan dengan pasti dan mantap. kamu harus belajar lebih luas lagi, ada keraguan harus ditanya, itu barulah disebut dengan sie wen [belajar karena dengan bertanya].
慎思:你問了以後,還要在你腦子裡想過,這個是不是合理,合情。合理,就要去行;不合情,不合理,就不要去行,「是理則進,非理則退」,對不對?人是有智慧的。
Berpikir dengan sangat berhati-hati: setelah kamu bertanya, masih harus berkaji/bertanya di dalam otak kamu, ini tidak sesuai dengan hakaket kebenaran, perasaan. Sesuai dengan hakekat kebenaran, barulah dilaksanakan;tidak sesuai dengan perasaan,dengan hakekat kebenaran teruslah maju, kalau tidak sesuai dengan hakekat kebenaran lalu mundurlah, betulkah? Manusia ada kearifannya,
明辨:你要去辨別,去做,辨別真假以後,你才腳踏實地去行,那才有用,口到,手到,腳到,心到,對不對?
Dengan jelas membedakannya: kamu hendaklah bisa membedakannya, setelah membedakan yang benar dengan yang palsu, kamu haruslah bisa melaksanakan setahap demi setahap penuh dngan kesungguhan, barulah ada gunanya, mulut sampai, tangan sampai, kaki sampai, hati sampai, betulkah?
為什麼老師不大喜歡你們靜坐?因為人比較容易妄想,一靜坐就想要看到什麼,結果惹來一身麻煩,事也不做了,整天在屋裡,也不知在搞什麼。
Mengapa guru tidak begitu senang kalian bersemedi? Karena orang labih gampang berhayal, setelah bersemedhi, suka berpikir untuk bisa melihat sesuatu, akhirnya mendapatkan begitu banyak kerepotan, tidak kerja/tidak berusaha, setiap hari hanya berada di dalam rumah juga tidak tahu hendak berbuat apa?
徒兒中也有好多,去學人家參禪打坐,學久了呢?說我們這裡是小學,他要去靜坐,是大學,結果修了一陣子,也沒有看到畢業,也沒有看他戴學士帽,反而成狼狽的樣子,更落魄的一個人。
Di antara murid juga ada banyak yang pergi bersemedhi, belajar lama kemudian akan menjadi apa? Mengatakan kita yang di sini hanyalah sekolah dasar saja, dia pergi belajar bersemedhi adalah universitas, akhirnya membina pada suatu saat, juga tidak melihat dia tamat, juga tidak melihat dia memakai topi kebesaran universitas, malahan jadi semakin loyo, bagaikan orang yang kehilangan semangat.
老師不要你們做偉人,也不要你們做超人,要你做平平凡凡的人,就不簡單了。一個真人一個假人,人只有兩撇呀!這個簡單的「人」,就不好做,「人難做,難做人,做人難」,只有這三句就糊里糊塗的了,那裡還有閒工夫,對不對?
Guru tidak mau kalian menjadi orang yang termuliakan, juga tidak mau kalian menjadi superman, hendak kamu menjadi orang yang wajar-wajar saja, sudah tidak sederhana. Seorang yang sejati, seorang yang palsu, tulisan huruf orang dalam bahasa Mandarin hanya terdapat dua coretan saja! Begitu sederhana penulisan huruf orang, tetapi tidak gampang untuk dilaksanakan, [orang sukar dilakukan, sukar untuk menjadi orang, jadi orang sangat sulit], hanya tiga kata itu saja kelihatannya juga sangat kacau-balau, mana ada waktu luang untuk yang lainnya, betulkah?
要靜可以,你有一訣,比他們更高超的,他們天天坐在那裡,事也不做的去靜坐,你可以做事,也可以靜坐,那就是你這個雙人,二目守玄:而又能做事。雙人守一土:中央戊己土,你雙人能守中土,你才能見性。要明心見性,不是像他們那樣靜坐來的,你能培外功修內德,修久了,你自然到達境界,你就能平心靜氣。
Boleh bersemedhi, tetapi harus tahu akan tekniknya, lebih canggih daripada mereka, mereka setiap hari hanya duduk di sana, hal apa pun tidak bisa dilakukan lagi, hanya bersemedhi saja,kamu boleh mengerjakan yang lainnya, juga bisa sambil bersemedhi, itu dikarenakan kamu memiliki dua orang, dua mata menjaga/fokuskan kepada satu petunjuk dari guru penerang; juga bisa melakukan aktivitasnya. dua orang menjaga pada tempat bersemayamnya roh, kamu bisa menjaganya, kamu baru dapat menampakkan akan sifat semula. Hendaklah memahami hati menampakkan kerohanian, bukan seperti mereka yang bersemedhi, kamu dapat membina jasa pahala luar dan memupuk jasa pahala dalam, lama kelamaan, kamu dengan sendirinya akan mencapai pada tahapan yang dapat membuat kamu bisa menengkan hati dan hawa.
譬如說,這個機器叫你修,你主神全部貫注在那裡,你就是在靜坐,你自然沒有物慾,沒有雜念,就像道德經上所說「滌除玄覽,載營魄抱一」。要滌除玄覽,要掃除這些物慾雜念,性命雙修,才能抱一寸中土。所以三教經典,他的道理很廣泛,要去悟,要去參,並不是一,二天的事。而也沒有一個經典是教我們參禪打坐的。
Misalnya mesin ini menyuruh kamu yang memperbaikinya, kamu berkonsentrasi penuh di sana, berarti kamu lagi melakukan semedhi [duduk tenang], kamu secara alamiah tanpa adanya niatan/nafsu, tanpa adanya niatan yang bercabang, bagaikan TAO TE CHING, yang berkata: [ingin melenyapkan segala niatan, haruslah memusatkan pikiran pada keesaan/Tao]. Hendak melenyapkan segala nafsu/niatan yang bercabang, roh dan nasib/suratan takdir bersamaan membina, barulah dapat memeluk keesaan dan menjaganya. Maka kitab suci dari tiga agama, hakekat kebenarannya sangatlah luas sekali, hendaklah menyadarinya, hendaklah menelaahnya, bukan merupakan pekerjaan satu-dua hari saja, juga tanpa adanya sebuah kitab pun yang mengajari kita untuk harus melakukan semedhi.
如大學第一章,就是教你們定,靜,安,慮,得的工夫。心經也是,要你們能夠明白觀自在菩薩,明白自己的本性,也沒有教你們痴坐妄想。
Bagaikan kitab TA SIE bab pertama, adalah mengajarkan kalian akan teknik tentang kemantapan, ketenangan, keamanan, penyaringan. Kitab SIN CHING juga hendaknya kalian dapat memahami dengan mengamati Bodhisatva yang ada berada dalam hati kita, memahami akan letak sejati dari diri sendiri, juga tidak mengajari kalian untuk bersemedhi.
所以老師唯一的盼望是你們要能好好地去學,好好地去看。多看,多聽,多學,多做,是非少說,這樣就可以了。有利於他人的,你們多做,有損於他人的,你們少做。我們縱然不能造福人群,但是也不要去損害人群。我們能夠看得到或是我們的力量能夠做到的,你不妨盡點做人的義務,有時候,那怕你一點點的力量,或是你的一句話,你就能挽救這個事情,或是就能化解這場干戈,那何樂而不為?有時候,只為了你這一句話,就會興風作浪,就會鬧得滿城風雨,會鬧得大家動起干戈相殘,所以徒兒要時時保持內心的真靜,好讓真智慧流露,來應萬事。
Makanya harapan guru satu-satunya adalah agar kalian dapat baik-baik mempelajarinya, baik-baik melihatnya. Banyak melihat, banyak mendengarkan, banyak belajar, banyak berbuat, sedikit bergosip, dengan demikian sudahlah bisa. Yang menguntungkan orang lain perbanyak melakukannya, yang merugikan orang banyak, kalian kurangi melakukannya. Walaupun kita tidak dapat membahagiakan orang banyak, tetapi juga tidak mencelakai orang banyak. Apa yang bisa kita lihat dengan kemampuan apa yang bisa dapat kita lakukan,kamu lebih baik melakukan apa yang menjadi kewajiban seorang manusia, terkadang,hanya dengan sedikit kemampuan ini, atau sepatah kata darimu, kamu telah bisa menolong/membantu permasalahan tersebut, atau mungkin bisa menetralisasikan pertengkaran, bukankah sangat berbahagia sekali? Terkadang hanya lantaran sepatah kata dari kamu, akan jadi kacau-balau tidak menentu, sampai membuat semua orang saling membunuh, makanya murid-murid harus setiap saat selalu menjaga agar hati bisa tetap tenang, agar kearifan yang sejati bisa mengalir keluar, untuk menghadapi segala permasalahan yang ada.
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar