自古以來修道者眾,成仙證佛者稀,何故?皆因未逢真道而功不精也。昔之修者每屬苦修苦練,拋家捨業、斬斷情慾,自修自悟,或千里訪師,萬里求訣、艱苦備嚐。必待功德俱足,至誠引感 上蒼,暗差仙佛指點力能遂志。
Dari dulu sampai sekarang, yang membina Tao sangatlah banyak, yang bisa berhasil menjadi Buddha sangatlah sedikit, mengapa bisa begitu? Dikarenakan masih belum berjumpa dengan Tao sejati dan jasa pahalanya belumlah mencukupi. Pembina Tao jaman dulu setiap orang membina dengan bersusah-payah, penuh dngan penderitaan, meninggalkan rumah tangga dan usaha dunia, memutuskan jalinan asmara dan nafsu, membina sendiri dan berusaha sendiri, sampai berjalan ribuan mil jauhnya untuk mencari guru, menghadapi terpaan penderitaan yang teramat sangat. Haruslah menunggu pahalanya sudah mencukupi, dengan penuh kesungguhan barulah bisa mengharukan langit, diam-diam memerintahkan Buddha datang memberikan petunjuk barulah dapat berhasil.
今白陽應運,大開普渡大門,彌勒大願廣被三曹,拯殘收圓,令有緣佛子皆登天榜。俗云:「來得早不如來得巧」,白陽弟子正應此言,實乃三生有幸趕上佳緣也。
Saat ini adalah jamannya pancaran putih, membuka lebar pintu pelintasan, Buddha Maitreya yang berikrar besar untuk melintasi secara besar-besaran terhadap tiga alam, menolong dari kehancuran untuk mengadakan penyempurnaan, kali ini ada berjodoh untuk menaiki tangga Nirwana, pepatah mengatakan: [daripada datang pagi, lebih baik datang pada waktu yang tepat], murid-murid pancaran putih tepat menemui kesempatan ini, betul-betul dikarenakan ada keuntungan pada tiga kali penitisan terdahulu, barulah bertemu dengan kesmpatan yang baik ini.
可惜一般凡夫常患「得之容易,不知珍惜」之通病,只見外在形相而不深究內涵。求道後開始雖能在佛堂誠心學道,但經過一段時日後,只是一知半解便以為修道不過如此而已,從此不再進道。有者受不住諸般考煉,日久意懶心灰,無形之中自然淘汰於道外。
Sangat disayangkan orang awam pada umumnya sering mempunyai kebiasaan buruk yakni [gampang mendapatkan tidak tahu untuk menghargainya], hanya melihat penampilan luar saja tanpa secara mendalam meneladaninya. Setelah memohon Tao, walaupun mulai bisa dengan sepenuh hati berada dalam vihara mempelajari Tao, tetapi mengalami suatu kurun waktu, hanya tahu sedikit saja lalu beranggapan rupanya membina Tao hanya sedemikian saja, kemudian tidak mau maju lagi. Ada yang sampai tidak sanggup menerima cobaan, lama-kelamaan jadi patah semangat, tanpa sadar secara alamih akan tersingkir dari wadah KeTuhanan.
修道原在真功實善,不在外表虛名:在腳踏實地,不在浮誇清談,故形相外在非真修者所應執著。上乘無為妙道不假外求,而在能迴光返照,多多觀省自心顯隱之變化是否合理也。有云:「行遠必自邇,登高必自卑。」實乃修道至貴之箴言他。
Membina Tao terletak pada jasa pahala sejati dan kebenaran yang sesungguhnya, tidak terletak pada penampilan luar saja, terletak pada kesungguhan dalam mengalami, tidak pada kebohongan dan omong besar, maka dari itu wujud dan rupa bukan merupakan suatu hal yang harus menjadi belenggu keterikatan pada seorang pembina Tao. Tao yang sejati bukan terletak pada tuntutan luar, melainkan adalah demi berintrospeksi terhadap diri sendiri, perbanyak mengamati perubahan yang terjadi dalam hati, apakah bisa sesuai dengan hakekat kebenaran atau tidak. Ada orang berkata [berjalan jauh pasti tahu akan keteguhan diri sendiri, menaiki ke tempat tinggi barulah tahu betapa rendahnya diri sendiri.], merupakan kata-kata dorongan bagi pembina Tao.
昔今修士成敗,其理並無二致,果能誠恆不變道志,任勞任怨,真參實證,則不難道成天上名芳萬世。若是假道求名,徒混度日,遇事生心,功課不專,稍歷天考人驗,便生退悔之心,結果遺恨千古,輪迴難脫也。故修道若無實在之「成績」,豈有果位之「文憑」?修子當在平時.「功課」認真,力求進步,務必使各科平均發展,樣樣及格,否則易入偏邪,乃至自誤毀人矣!
Kesuksesan dan kegagalan pada pembina kali ini, alasannya tidak ada duanya lagi, yakni kesungguhannya yang kekal langgeng tanpa berubah sedikit pun akan tekadnya yang tulus terhadap Tao, jerih-payah, tanpa mengeluh sedikit pun, penuh dengan kesungguhan hati, adalah tidak sulit untuk berhasil, meninggalkan nama harum di langit dan di dunia. Kalaulah berpura-pura saja hanya menyandang sebuah nama kosong saja, melewati hari saja, bertemu dengan masalah timbul niatan hati, tidak sungguh-sungguh dalam membina, sedikit mengalami ujian dari langit dan orang, akan timbul hati yang mendua, akhirnya menyesal sepanjang jaman, tidak terelakkan lagi dari roda tumimbal lahir. Maka dari itu membina Tao kalaulah tanpa ada nilainya, maka mungkin ada [ijazah] sebagai posisi singgasana? Pembina Tao haruslah pada kebiasaan setiap hari [mata pelajaran pembina Tao] haruslah bersungguh-sungguh, sekuat tenaga mengejar kemajuan, jangan biarkan setiap mata pelajaran hanyalah biasa-biasa saja, setiap mata pelajaran lulus, kalau tidak gampang jatuh pada yang sesat, merupakan telah menelantarkan diri sendiri dan orang lain.
品格乃修士之首要課程,天道本無形象,以人顯象。修道者若人格高尚,必獲大眾之尊敬與認同。修士能認識己身即道之代表,個人之良莠,會直接、間接影響「道」之形象。若每個人皆能確實改毛病/去脾氣,謙恭和藹,低心下氣,孝順父母,忠愛國家,友悌兄弟,信義交友,貧無諂媚,富不驕凌,培養出高尚之人格情操,必使人人敬佩而引為模範,則度人勸世定獲如意。
Kepribadian merupakan suatu mata pelajaran yang paling utama bagi seorang pembina Tao, Tao pada dasarnya tanpa berujud rupa, dengan manusia untuk menunjukkan wujud rupanya. Pembina Tao kalaulah kepribadiannya tinggi, pastilah akan mendapatkan penghormatan dan pengakuan orang banyak. Pembina Tao dapat mengenali dirinya sendiri yakni dengan mewakili Tao. Baiknya seseorang bisa langsung berkaitan mempengaruhi wujud rupa dari [Tao]. Kalaulah setiap orang dapat betul-betul merubah sifat/tabiat buruknya, ramah-tamah dan rukun, merendahkan hati, berbakti pada orang tua, setia pada negara, penuh persaudaraan antar saudara, kepercayaan dan loyalitas dalam pergaulan, miskin tanpa boleh menjilat, kaya tanpa sombong, memupuk kepribadian yang tinggi dan prilaku yang terpuji, pasti akan membuat setiap orang kagum dan menjadikannya sebagai panutan, menjadikan melintasi orang menasihati orang pasti akan sesuai dengan kehendaknya.
功德為成聖成賢之要件,有云:「天上無弗功德之神,人間無不忠孝之聖。」古今聖賢皆以利人立德為事,德立即冤孽可消。業債不清,必召魔考。故日:「苟無至德,至道不凝焉。」修道之人豈可只求獨善其身,而不兼善天下?故三施勤行,積沙成塔,何患功德之不圓滿?
Jasa pahala merupakan syarat untuk menjadi Buddha, ada yang berkata [di langit tidak ada malaikat yang tidak memiliki jasa pahala, di dunia ini tidak ada orang budiman yang tidak setia dan tidak berbakti]. Orang suci jaman dahulu selalu mengutamakan hal-hal yang menguntungkan orang lain dan penegakkan moral, moral ditegakkan beban dosa terhapuskan. Beban dosa tidak tuntas, akan mengundang cobaan siluman. Maka dikatakan: [kalaulah tanpa memiliki moral yang paqling tinggi, terhadap pemahaman akan Tao yang paling tinggi juga sangatlah kurang] orang yang membina Tao mana boleh hanya menuntut kebaikan untuk dirinya sendiri saja, malahan tidak membuat seluruh umat dunia menjadi baik? Maka rajin-rajinlah menjalankan tiga paramita, menimbun pasir menjadi benteng, tidak akan takut jasa pahala, tidak bisa sempurna?
火候是養性之主要工夫,倘若品格佳、功德多,然而缺乏火候,則遇事易於半途而廢。蓋火候不足則定力必不足,往往經不起考驗。例如:受人毀謗即生嗔心:受名利引誘即生貪心:受凡業纏煩即生怠心……。歷種種境即生種種心,漸漸為境所牽引而離正道,竟至前功盡棄,實為可嘆!
Pengedalian api emosi merupakan tehnik yang paling penting dalam menggembleng kerohanian, kalaulah kepribadiannya sangat baik, jasa pahalanya banyak, kemudian kekurangan pengendalian emosi, maka menghadapi permasalahan akan sangat gampang gagal. Kalaulah pengendalian emosi tidak cukup maka tenaga/kekuatan pemantapan diri pasti sangat tidak mencukupi, seringkali tidak mampu melewati cobaan/ujian, umpama mendapatkan fitnahan orang lalu timbul kemarahan, mendapatkan godaan nama dan keuntungan akan timbul hati yang tamak, mendapatkan hambatan dalam usaha keduniawian lalu timbul hati yang malas------.Mengalami beberapa macam situasi akan timbul hati yang bermacam-macam, pelan-pelan terpengaruh oleh situasi yang ada dan meninggalkan Tao yang lurus/benar, maka usaha yang terdahulu akan terbengkalai semuanya, sungguh sangat disesalkan.
今大道降傳火宅,庶民人人可聞至道,實乃天下良機。吾不忍修士見道棄道,一再耳提面命:自渡渡人,廣渡有緣皆行正道。並誠禱 皇天庇修士道心光明堅固,則普渡有望,收圓可期矣!
Hari ini Tao diturunkan pada rakyat jelata, setiap orang boleh mendapatkan Tao, sungguh merupakan kesempatan baik. Kita tidak tega melihat seorang pembina Tao mendapatkan Tao malahan mencampakkannya, selalu menasihati dan menasihati; melintasi diri sendiri dan melintasi orang lain, memperluas melintasi orang yang berjodoh barulah melaksanakan Tao yang benar/lurus. Malahan dengan kesungguhan hati memohon langit melindungi agar pembina Tao bisa lebih terang dan kokoh,hati yang mengarah pada Tao, dengan demikian ada harapan untuk melintasi orang dan dapat mengadakan penyempurnaan.
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
感恩 🙏🙏🙏
BalasHapus