「舉世皆從忙裏過,有誰肯向死前修」。這句話希望多體意,修道處世當中退讓忍耐一點,每一個人都很忙,但是蛇人管則直,來佛堂聽課總是有益,不管懂不懂,來了就聽,種下因緣的種子,漸漸的終會改變自己,破除無明,生出大智慧的。
[Permasalahan dunia sebagai terlewati dengan kesibukan, siapa yang sudi membina diri sebelum meninggal]. Perkataan ini semoga perbanyak hayati maknanya, membina Tao mengatasi permasalahan haruslah mengalah, sedikit bersabar, setiap orang semuanya sangat sibuk, tetapi datang ke vihara mendengarkan ceramah Dharma pastilah ada gunanya, tidak peduli mengerti atau tidak, datang lalu dengarkanlah, menanam bibit kebajikan, pelan-pelan akhirnya akan bisa merubah diri sendiri, memecahkan kegelapan, timbul kearifan yang besar.
聖人日:「天雖高,不敢不低頭,地雖厚,不敢不循循走。」這些都是修道經驗者,留給後世修道者有個依據,以修成圓滿境地。
Orang suci berkata [walaupun langit tinggi, tidak berani tidak menundukkan kepala, walaupun bumi tebal, tidak berani tidak merangkak dalam berjalan], ini semua merupakan pengalaman pembinaan Tao, tinggalkan kepada pembina Tao sebagai bukti, agar bisa membina sampai berhasil.
我執去後,再進一步不執著於「法」,要知道佛法並無高低上下,乃應眾生需要而定、而設,沒有那一種方法一定對的道理。
Setelah terlepas dari belenggu keakuan, baru maju selangkah untuk tidak terbelenggu pada [Dharma], hendaklah tahu Dharma Buddha tidak ada tinggi rendah,atas bawah, adalah berdasarkan kebutuhan umat baru ditetapkan, tidak ada semacam cara yang pasti betul.
徒等,為師列舉幾條學習精神:
Murid sekalian, guru memberikan beberapa contoh untuk belajar agar lebih semangat:
一,把言路閉塞,是見廣識大的障礙,把智路閉塞是進德修業的障礙,故言能通理,理能生智,真知才能煉出真膽量。
Menutup jalannya perkataan, adalah suatu hambatan paling besar untuk lebih berwawasan, menutup jalannya kearifan merupakan hambatan bagi membina diri, maka perkataan harus sesuai dengan hakekat kebenaran, hakekat kebenaran barulah bisa timbul kearifan, pengetahuan yang sesungguhnya barulah bisa menggembleng keluar kelapangan hati.
二,在學習的過程中,能做到入迷的境界,便能成功:在生活的過程中,能做到慎獨的功夫,便能善化。
Di dalam proses belajar, dapat melakukan sampai pada tahap yang bagaikan terpesona padanya, barulah dapat berhasil;di dalam proses kehidupan, dapat melakukan teknik kemawasan diri sewaktu dalam kesendirian, barulah dapat menuju kebajikan.
三,學習要抱興趣的態度,才能學到心得,修道要抱樂觀的態度,才能得到心安。
Belajar harus memupuk hobi atau suka/gemar, barulah dapat mempelajari akan hidmatnya, membina Tao haruslah mempunyai sifat yang optimis dan lebih subjektif, barulah dapat menenangkan hati.
四、道義的貫通靠深思,表達的能力靠多講,道業的成就靠苦修。
Pemahaman terhadap makna sebenarnya dari Tao tergantung pada pengkajian yang mendalam, kemampuan mengutarakan maksud tergantung pada banyaknya atau seringnya berbicara, keberhasilan dari Tao tergantung pada susahnya membina.
五,學問/做人,辦事,重在根基,不在根基上用功夫,一切努力,都是捨本逐末。
Pengetahuan, sebagai manusia, melaksanakan pekerjaan, menitik beratkan pada dasarnya, tidak berusaha dalam akar sumbernya, segala usaha semuanya akan gagal saja.
六,智仁勇非金錢旦夕所購得來的,是本著日積月累心力的結晶。
Kearifan, belas-asih, keberanian bukan dengan harta bisa membelinya, merupakan pengkristalisasi dari pengalaman yang ditimbun dari hari ke hari, dari bulan ke bulan.
七,學而不思則罔,思而不學則殆,不學不思,乃是落於困乏的基因。
Belajar tanpa berpikir/berkaji adalah tersesat, berpikir tanpa belajar adalah sangat berbahaua, tidak belajar tidak berkaji, akan terjerumus ke dalam penyebab ketersesatan.
八,葉公問弟于孰為好學。
Ye kung bertanya pada murid apa yang paling suka belajar.
孔子對日:「有顏回不遷怒,不貳過。」
Konfusius menjawab: [ada seperti Yen Hui yang tidak pernah mengeluh dan marah, tidak pernah melakukan kesalahan yang kedua kalinya.
﹝按:足見「學問」非僅「知見」之學,他如待人接物、心性修持等,亦.在在皆學問,在在日精進。﹞
[Berdasarkan keterangan yang di atas:Boleh dilihat dengan jelas bahwa [pengetahuan] bukanlah hanya merupakan [pandangan dari pengetahuan], seperti cara mengatasi masalah dari kamu, pembinaan terhadap rohani, semuanya adalah lagi belajar, semakin hari semakin maju
修道是長年之事,不是混熱鬧,混眼前,豈容敷衍,這是道道地地自家事。各人之性命各人了,各人之祖先各人超。不要興緻來時,辦道津津有味; 興緻盡時,則敷衍苟且,如此這般,豈非藐視佛法?藐視天命?此語怎說?爾等皆大愿在身,表文一昇,皇天后土實所鑑知。為師我是監護人,如敷衍豈不是怠慢為師的天命?我等師徒皆慢怠不起啊,要知有功老天賞,有過老天罰!
Membina Tao merupakan urusan jangka panjang, bukan hanya sekedar ikut meramaikan saja, hanya sekejap saja, mana boleh hanya sekejap saja, ini merupakan hal yang merupakan urusan diri sendiri. Nyawa diri sendiri adalah diri sendiri yang menunaikannya, leluhur diri sendiri adalah diri sendiri yang melintasinya, jangan di saat lagi senang, melaksanakan dengan senang, sewaktu lagi tidak senang, hanya sekedar saja dalam menghadapinya, hal yang demikian, adalah meremehkan Dharma Buddha, meremehkan Firman Tuhan, perkataan ini bagaimana mengatakannya? Kalian semuanya adalah berikrar besar, kertas naskah suci sudah membumbung naik ke langit, langit dan bumi telah mengetahuinya. Guru yang bertugas untuk melindungi, mengawasi; kalaulah hanya sekedar saja, bukankah telah memperlambat Firman Tuhan yang diemban guru? Kita guru dan murid tidak sanggup untuk memperlambatkannya, haruslah tahu ada jasa pahala, akan mendapatkan penghargaan dari langit, ada kesalahan akan dihukum oleh langit!
你們來學道,學道得從聽道做起,聽道要不能保持開朗,是聽不進去喔!
Kalian datang belajar Tao, belajar Tao harus dimulai dari mendengarkan ceramah Tao, mendengarkan Tao tidak dapat mempertahankan pikiran yang terbuka, akan tidak dapat menyimaknya.
學道要不學得有板有眼是成不了仙的,告訴你們,聰明的人往往成不了仙成不了佛,聰明的人往往聰明好自用,聰明好自專,聰明的人喜歡出頭,聰明的人喜歡站在前面,聰明的人需要謙虛,內斂,要包涵,聰明的人要讓人看起來不太聰明的樣子,這樣人家才會提拔你。
Membina Tao kalaulah tidak belajar sampai persis sama adalah tidak bisa menjadi Buddha, memberitahukan pada kalian, orang yang pintar sering kali tidak bisa menjadi Buddha, orang yang pintar sering kali menggunakan akan kepintarannya, orang yang pintar sering suka mempunyai pendirian sendiri, orang yang pintar sering suka memamerkan diri sendiri, menonjolkan diri sendiri, orang yang pintar suka berdiri paling depan, orang yang pintar memerlukan kerendahan hati, dan harus bisa menampung segala kebaikan dan keburukan orang lain, orang yang pintar harus terlihat oleh oprang lain sebagai orang yang kelihatannya tidak begitu pintar, orang yang seperti ini, orang lain baru bisa mengangkat dan memberikannya kesempatan.
學有深淺習有偏,思想圓融得環中,群才韜筆隨心論,思論經典應身心.
Pengetahuan ada dalam dangkalnya, mempelajarinya ada terdapat penyimpangannya, pola pikir yang sempurna akan mendapatkannya, berkemampuan menulis mengikuti teori dalam hati, pikiran membahas kitab suci mengikuti badan dan hati.
道不在深奧, 道只在日常生活之中,道只在你自己本身之中,不是往外去求的,所以你想在仙佛身上或講師身上得到什麼法門的話,那老師我跟你說:[不可能的。」講道是幫助你學道的一種方法, 修道的一種知識,所以希望你們知道就要學,還知道要用,要怎麼去用,就全看你們自己了,只要你功夫下得深,自然就能用得玲瓏。
Tao tidak terdapat pada kedalamannya, Tao hanya terdapat dalam keseharian, Tao hanya ada dalam diri kamu sendiri, bukan keluar mencarinya, maka kamu berpikir di dalam diri Buddha atau dalam diri para juru kotbah mendapatkan Dharma apa, lalu guru berkata pada kalian: [tidak mungkin] mencermaahkan Tao hanyalah merupakan satu cara untuk membantu kamu di dalam mempelajari Tao, maka berharap kalian telah mengetahui dan harus mempelajarinya, masih tahu untuk menggunakannya, bagaimana cara menggunakanya, adalah tergantung pada diri sendiri, asalkan kamu memperdalaminya, dengan sendirinya akan digunakan secara fleksibel.
在身與心,生理與心理產生不平衡的思慮,也就是五行相生相剋,無法跨越無法自拔時,最後尚可一心專注毫無雜念的叩求天助:
Di dalam pergolakan antara badan dan hati, antara perasaan dan rohani menimbulkan pikiran yang tidak seimbang juga merupakan kelima unsur saling bertabrakan, tidak mampu melampaui, tidak mampu mengatasinya, paling akhir haruslah hati tanpa ada niatan meminta bantuan dari langit:
大智文殊師利菩薩─希望開智慧時叩求。
Bodhisatva TA CHE WEN SHU SHE LI---- bersujud kepada-Nya berharap semoga terbuka kearifannya
大慈大悲觀世音菩薩─有苦難時叩求。
Bodisatva KWAN IN bersujud kepada-Nya sewaktu mengalami kesulitan dan hambatan.
太子爺小師兄─渡人,開荒時叩求。
Abang seperguruan NA CHA bersujud kepada-Nya sewaktu hendak membuka lahan Tao dan melintasi orang.
要能日知其所為,月無忘其所能。更要能溫故知新,孜孜不倦,學而不厭,才能達到良知良能的顯現。
Harus dapat setiap hari mengamalkan apa yang telah diketahui, setiap bulan tidak lupa akan apa yang sudah dikuasai, makin harus dapat mengulangi dan menambah pengetahuan baru, terus-menerus, belajar tidak mengenal bosan, barulah dapat mencapai munculnya pengetahuan yang baik dan kemampuan yang baik.
回去要好好看道書,隨時充實自己,不懶惰、不怕苦,充實自己最重要,這樣才能天天進步,天天求改革。要不然人家問你們,你們是前賢卻什麼都不會,自己要好好再努力,不要氣餒。
Pulang ke rumah harus baik-baiklah membaca buku Tao, setiap saat menambah wawasan, tidak bermalas-malasan, tidak takut menderita, menambah wawasan bagi diri sendiri adalah yang paling penting, dengan demikian barulah dapat setiap hari memperoleh kemajuan, setiap hari menuntut perubahan. Kalau tidak orang lain bertanya pada kalian, kalian adalah pendahulu malahan apa pun tidak bisa, diri sendiri harus baik-baiklah berusaha, jangan putus asa.
不明道理,焉能修道?
Tidak memahami hakekat kebenaran bagaimana bisa membina Tao?
西方路途雖然廣、唯在修者志有恆,不怕慢來只怕站,不怕不到怕不行,世上自古無難事,畏難苟安乃俗情,丈夫有志超天地,克難之事在精誠。
Jalan ke arah barat [Nirwana], walaupun jauh, hanya dengan pembina yang bertekad dan teguh serta gigih, tidak takut lambat hanya takut berdiri saja, tidak takut tidak sampai hanya takut tidak dijalankan. Di atas dunia ini tidak takut adanya masalah yang sulit, takut sulit adalah perasaan orang awam, seorang ksatria yang ada bertekad melampaui langit dan bumi, mengatasi pemasalahan yang sulit terletak pada kesungguhan dan kegigihan hati.
要學而時習之,當仁不讓於師,知命立命,行功了愿。守三清,懷四勿,三畏,九思﹝論語事氏篇﹞勿忽略,苟新日新,百尺竿頭,更上層樓。
Haruslah belajar dan mengulanginya, belas kasih tanpa mengalah sekali pun pada gurunya, tahu akan tugas mulia dari langit haruslah ditegakkan, melaksanakan jasa pahala untuk menunaikan ikrar. Menjaga akan tiga kejernihan/kesucian, memperhatikan empat jangan [empar hal yang tidak diperbolehkan], tiga gentar, sembilan pemikiran, jangan dilupakan, setiap hari selalu bertambah baik dari hari-hari yang sebelumnya, makin maju setingkat. Setelah terlepas dari belenggu keakuan, baru lebih maju selangkah
老祖師所修持的是四從願心,而化解人心的方法則是:
Yang dibina oleh kakek guru adalah empat macam ikrar hati, dan merupakan cara untuk mengatasi hati badani, yakni:
1化迷情為慈悲:以眾人的心為心,以天地的志為志,以慈悲心來同體大悲,看眾生痛苦,自己也覺得痛苦。求道之後,並不是每一個人都要代天宣化,替天治世,個人能提昇到第幾階梯都可以,但至少要無愧於心,不傷害於萬物,這就是民胞物與的深意。在修道途中,要能轉變自己的心境,站在別人的立場想一想,接受別人的意見,化慈悲為喜捨,也就是讓他人生歡喜心,讓人歡喜,首先要注意儀態的端莊,例如,修道人頭髮不要太長就是一個例,避免覆蓋了印堂,影響了前途。
Mengubah perasaan yang menyesatkan menjadi welas asih, dengan hati yang memikirkan akan kepentingan orang banyak sebagai hati diri sendiri, dengan tekad dari langit bumi sebagai tekad dari diri sendiri, dengan hati yang welas-asih untuk mengasihi, melihat penderitaan dari para umat, diri sendiri juga merasakan penderitaannya. Setelah memohon Tao, maka setiap orang semuanya dapat mewakili langit membabarkan hakekat kebenaran, mewakili langit mengobati dunia, diri sendiri hendak meningkatkan diri pada tahapan yang mana pun akan bisa dilakukan, tetapi paling tidak harus mempunyai hati yang tidak memalukan, tidak menyakiti segala makhluk hidup, ini merupakan makna yang hakiki yang harus kita hayati; Di dalam pembinaan Tao, haruslah dapat mengalihkan tahapan hati, berdiri pada posisi orang lain dalam berpikir, menerima pendapat dari orang lain, mengubah welas asih menjadi bergembira dalam pengorbanan, juga membuat hati orang lain menjadi bergembira, membuat orang bergembira, terlebih dahulu harus memperhatikan keanggunan dari penampilan, seperti, seorang pembina Tao rambutnya tidak boleh terlalu panjang, agar rambutnya tidak menutupi kening, mempengaruhi masa depannya.
2化疑慮為聖解:眾生往往在落人因果時,心中生出噴忿之心,疑惑上天為什麼如此不公平,獨獨對我刻薄,讓生命中到處都充滿荊棘,坎坷。事實上,這些疑慮都應該佔為聖解,對世間事要明明瞭瞭,當知道一切因果有其因,諸法因緣起。一定要能夠不昧因果。
Merubah kearifan menjadi sebuah pengertian yang mengarah pada orang suci, umat sering kali sewaktu terjerumus ke dalam karma, dalam hati timbul keangkara-murkaan, mencurigai langit, mengapa berlaku tidak adil terhadapnya, selalu berlaku tidak adil terhadap saya, membuat kehidupan penuh dengan liku-liku dan hambatan, padahal sesungguhnya, kecurigaan tersebut seharusnya mengubah menjadi pengertian layaknya seperti orang suci, terhadap segala permasalahan yang terjadi haruslah memahami dengan jelas, haruslah mengetahui segala karma itu ada penyebabnya, segala Dharma muncul lantaran jodoh, Pastilah harus dapat tidak berpaku pada karma yang ada
3化束縛為解脫:佛規禮節算不上束縛,既然要修道當然要有戒律。在修行與神通上,神通各人本身俱備,但修行則由紮根做起,神通有如修行的成果,修到第幾層就有什麼神通,有如樹已長成自然結果,如果,一心一意為攀果而砍樹,將永遠無法達到正等﹝果,若由修行上的持戒,佈施做起,就一定根固,樹長,開花而結果了。修行的意義並不是了解多少法,有什麼神通,而是利益了多少人。
Membuat keterikatan menjadi pelepasan: peraturan Buddha tidak termasuk sebagai suatu keterikatan, kalaulah ingin membina Tao tentu saja harus mematuhi hukum dan larangan. Di dalam membina diri dan SHEN TUNG [mempunyai kemampuan mengadakan kontak batin dengan alam gaib]. Shen Tung setiap orang ada memilikinya, tetapi membina diri dimulai dari memantapkan akarnya, shen tung ada seperti membina diri yang ada berhasil, membina sampai ke tahap apa harus mempunyai shen tung yang bagaimana, bagaikan pohon yang tumbuh besar dengan sendirinya akan berbuah, kalaulah ingin mau buah, lalu menebang pohon, selamanya tidak akan mendapatkan hasilnya, kalaulah membina diri mematuhi sila larangan, dimulai dari melakukan beramal, pastilah akan mengokohkan akar ,pohonnya akan berkembang, berbunga dan berbuah. Makna dari pembinaan diri bukan memahami berapa banyak Dharma, apalah shen tung itu, melainkan telah membawa dampak yang baik kepada berapa banyak orang.
4化凡事為般若:不論修道與否都是要做人的,而做人的基本在於能夠「守本份」,人事上如果處理圓滿,自然人緣就好,人人都敬重的話,攝受力自然增強,正所謂收圓先收自己的圓,人道盡則人事圓,天道亦圓.
Merubah urusan duniawi menjadi kearifan: tidak peduli membina Tao apakah memerankan peran seorang manusia, jadi orang yang paling mendasar adalah dapat [menjaga akan apa yang telah menjadi kewajibannya]. persoalan manusia kalaulah diatasi dengan sangat sempurna sekali, dengan alamiah jodohnya akan semakin baik, setiap orang menghormatinya, maka kekuatan penyerapannya akan semakin bertambah, itulah yang disebut dengan mengadakan penyempurnaan terlebih dahulu harus menyempurnakan diri sendiri, pri kemanusiaan dilakukan dengan tuntas maka permasalahan manusia akan sempurna, THIEN TAO juga akan sempurna.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar