「佛用一切法,為渡一切心,若無一切心,何用一切法。」
[Buddha ,menggunakan segala Dharma, untuk melintasi segala hati, kalaulah tanpa adanya segala hati, mengapa harus menggunakan segala Dharma]
大道無形無相,無邊無際,因此,若要以眾生的智慧來揣測佛智,本來就不容易,若想洞穿佛是什麼?唯有先洞穿自己的內心深處有什麼?如果只有「佛」,則無須釋放或超越了。
Tao tanpa berwujud rupa, tanpa ada batasan, oleh karenanya, kalaulah ingin menggunakan kearifan umat untuk mengukur kearifan Buddha, pada dasarnya adalah tidak gampang, kalaulah ingin menembus pandang apa itu Buddha? Hanya dalam melihat hati diri sendiri ada terdapat apa? Kalaulah hanya ada [Buddha], maka tanpa perlu pelepasan atau pelampauannya
修道旨在改變自己,時時反省修道之後,心境是否提昇?有沒有污點、代溝的存在,將之釋放則無罣礙了,這也就是拿得起放得下,如此才能與天心合一,所謂「應無所住而生其心」。
Membina Tao adalah merubah diri sendiri, setelah membina Tao setiap saat selalu berintrospeksi, tahapan hati apakah ada meningkat? Apakah ada noda, hambatan, lepaskanlah maka akan tanpa ada halangan. Ini juga dikatakan bisa diambil bisa dilepaskan, dengan demikian barulah dapat menyatu dengan hati langit, yang dimaksud dengan [tidak ada hati yang penuh dengan halangan yang tertinggal dalam hati, memunculkan hati yang sesuai dengan hati langit.]
如何釋放心靈呢?由掃心地著手。貪、瞋,痴乃地獄三條根,由此衍生而來則千千萬萬了。掃盡內心深處的一切,不存在任何東西,即使是善,惡之念亦不存在,以免執著於兩端,雜念掃盡,自然空心,則心胸開闊了。
Bagaimana melepaskan kerohanian dari belenggu? Dari dimulai dengan menyapu hati; ketamakan, keangkara-murkaan, kebodohan, merupakan tiga akar neraka, dari ini lalu muncul berjuta-juta. Menyapu tuntas segala yang ada dalam hati yang paling dalam, tidak tersisa sedikit pun, walaupun situasi baik dan buruk juga tidak tersisakan, agar jangan terbelenggu dalam dua sisi ini, menyapu tuntas segala niatan hati yang bercabang, secara alamiah akan mencapai kekosongan hati, membuat hati jadi lapang.
修道須有悟性,見機就要能悟,例如看見花開花謝而領悟原來人生有限,則眼前所看見的都是無:看見一幢房子所經過的成,住、壞,空而領悟到這個色身亦終將如此。一機一悟點滴累積而來,終會有滴水石穿破除智管的時候,隨時沉心寂靜,定靜安慮才能得﹝心得,也就是領悟﹞,才能超塵超覺,超出一般。
Membina Tao memerlukan kesadaran, melihat situasi hendaklah seperti sewaktu melihat bunga berkembang dan layu, barulah sadar rupanya kehidupan manusia begitu terbatas, maka apa yang terlihat oleh mata semuanya adalah kosong, melihat sebuah bangunan yang mengalami peresmian, tinggal, rusak, kosong, bersadar bahwa badan kasar ini juga adalah demikian. Sebuah situasi sebuah kesadaran, satu titik demi satu titik ditimbun akhirnya akan ada tetesan air yang menembus pipa kearifan, bersaman waktu itu juga menenangkan hati dan mencapai ketenangan jiwa, hati yang tenang dan tidak ada kekalutan, barulah bisa mendapatkan kesadaran, barulah dapat melamnpaui kefanaan melampaui kesadaran, melampaui segalanya.
人們所有的知識均由外在、書本而來,並非由內心深處的智慧泉而來:天下泉水由崑崙山而來,阿里山日出景色優美,何不偶而沉寂一下,擷取內心深處的智慧泉,反觀內心深處的日出呢?
Segala pengetahuan manusia berasal dari luar, datangnya dari buku, melainkan bukan dari dalam hati yang paling dalam; sumber air dunia adalah berasal dari air di gunung KUN LUN, matahari terbit di gunung ALISAN, sungguh sangat indah sekali. Mengapa tidak merenungi sejenak, keluarkan sumber kearifan yang ada dalam hati yang paling dalam, boleh mengamati terbitnya matahari dalam hati yang paling dalam.
所謂釋放,並非一切事物全然不管,要知人的責任未了則成為「債」,因此在釋放當中要有責任心,責任必須負起,只求在做在行的當中不要去執著。在個人周遭的人與事,均由因緣而湊合,因此,雖有輕重緩急之分,但要求能老吾老以及人之老,幼吾幼以及人之幼。在道場時為道中一員,回家時則為家中一份子,什麼場合呈現什麼法相,以不動的心來化解,雖說是道好修緣難了,但還是希望盡其心以求能修道了緣。
Yang dimaksud dengan pelepasan, bukan merupakan segala hal semuanya tidak perlu dipedulikan lagi, hendaklah tahu tanggung-jawab seseorang masih belum habis, masih merupakan suatu [hutang], oleh sebab itu di dalam pelepasan diri harus ada hati yang bertanggung jawab, haruslah memikul tanggung jawab, hanya memohon dalam melakukannya dalam pelaksanaannya tidak terbelenggu pada keterikatan. Di dalam permasalahan dan orang-orang di sekitar seseorang, adalah melalui jodoh yang menyebabkannya, oleh sebab itu, walaupun ada terbagi atas ringan berat, cepat lambat, tetapi memohon supaya bisa menganggap orang yang lebih tua sebagai orang tua kita, orang yang lebih muda sebagai anak kita. Di dalam wadah KeTuhanan merupakan salah satu personilnya, setelah pulang ke rumah merupakan salah satu anggota keluarganya, keadaan yang apa pun sesuaikan dengan sikap yang selaras dengan keadaan tersebut, dengan hati yang tidak tergoyahkan dalam mengatasinya, walau pun dikatakan Tao gampang dibina, jodoh sukar untuk dituntaskan, tetapi masih bertahap semampu hati dalam memohon agar dapat membina Tao menunaikan jodoh.
這個色身所承受的父母基因,加上天時﹝即時至,春夏秋冬﹞與地利﹝即方位,東南西北是﹞等而來的宿因,還有環境,教育,朋友、嗜好諸多因素造成了自己的人生觀,執著於這是我該有的,這是我所要爭取的等等困惑裡,而實際上眾生因追求方向的錯誤,產生了痛苦,產生了因果,產生了輪迴。因此,在內心深處所起的掙扎,忿心與動念都要放下,之後才能去我執,而心靈上也才能有所超越。各人的悟力因為宿因而有所不同,這並沒有對錯可言,只是人人必經的一個過程而已,終會是條條大路通羅馬的。既然知道世界上一切都是虛假,萬般皆下品唯有修道好的話,還有什麼是要計較要緊握在手中的呢?儘快掃除以往的一切,空出心來,那麼現在所種的種種,將來必然是呈現光明的。
Badan kasar ini mendapatkan gen-gen keturunan dari orang tuanya, ditambah dengan situasi langit [keempat musim] dan thi li [arah timur,barat,selatan,utara] dan lain-lain penyebab, masih ada lingkungannya, pendidikan, kawan, kebiasaan/hoby dan berbagai macam sebab yang menyebabkan pandangan hidup dari diri sendiri, terbelenggu pada diri yang seharusnya menjadi milik saya, ini merupakan apa yang mesti kuperebutkan dan berbagai macam keterikatan, dan kenyataannya arah yang dikejar dan dituntut oleh umat adalah salah, menghasilkan penderitaan, menghasilkan karma, menghasilkan tumimbal lahir. Oleh sebab itu yang timbul di dalam lubuk hati yang paling dalam mengenai pertentangan, kekacauan hati dan gejolak hati semuanya harus diletakkan, kemudian barulah bisa melenyapkan belenggu keterikatan diri, dan dalam hati barulah dapat mencapai pelampauannya. Kesadaran dari diri sendiri dikarenakan sebab-sebab yang berlainan, ini tidak ada terdapat betul salahnya, hanya setiap orang harus melewati satu proses saja, akhirnya setiap jalan yang manapun akan menuju ke Roma. Kalaulah sudah tahu di atas dunia ini segalanya adalah hampa, segala hal apapun hanya dengan membina Tao yang terbaik, masih ada apa lagi yang perlu diperhitungkan lagi dan apa pula yang perlu digenggam dengan erat dalam tangan? Bergegaslah menyapu segala hal yang dahulu, kosongkan hati dengan demikian segala hal yang telah ditanamkan, kelak pasti akan menampakkan cahaya gemilangnya.
雖然,各人因緣,宿習,環境不同,悟力有別,所遭遇的挫折亦不盡相同,但是,如果能借眾修己,在辦道途中時時藉機體悟,以德報怨,自尊自重後還要尊重他人,則道場一片「和」氣,祥和之業感使萬物欣欣向榮,感化天地。身在五行當中而心超越五行之上,人在其中而不覺身在其中。以大海容物的心胸把所有的包容於內心,並以智海將之融化,每日細看內心深處,不留下任何雜念。以有限生命中所有的力量行此修道辦道的路程,釋放心靈,去除我執則心境自然提昇,化掉一切而不是為一切所化,此時本身的智慧泉已然湧出,渙渙然永無止境。
Walaupun masing-masing ada mempunyai penyebabnya, kebiasaannya, lingkungan yang berbeda, tenaga/kekuatan kesadaran juga berlainan, hambatan dan halangan yang dialami juga akan berlainan, tetapi kalaulah dapat meminjam orang banyak untuk membina diri sendiri, di dalam perjalanan pembinaan Tao selalu bisa memanfaatkan kesempatan di dalam menyadarinya, dengan moral merubah kebencian, setelah hormat dan memandang berat pada diri sendiri masih harus menghormati orang lain, membuat wadah KeTuhanan menjadi sedemikian [rukun], sejahtera membuat segalanya menjadi begitu membanggakan, membuat langit dan bumi jadi tergugah. Badan berada dalam pengaruh lima unsur, tetapi hati melampaui di atas pengaruh lima unsur, badan berada di dalamnya tetapi hati tidak terasa ada berada di dalamnya. Dengan hati yang seluas lautan menampung segala hal apapun, dan dengan kearifan lautan mencernakan segala yang tertampung, setiap hari mengamati dengan teliti dan lebih dalam akan hati diri sendiri, jangan sisakan sedikit niatan yang bercabang, dengan kehidupan yang terbatas kita keluarkan seluruh kekuatan yang ada dalam menghadapi perjalanan pembinaan Tao dan pelaksanaan Tao, pelepasan hati, untuk melenyapkan belenggu keterikatan hati dengan alamiah tahapan hati akan meningkat, mencernakan segalanya melainkan bukan dicernakan oleh segalanya, pada saat ini sumber kearifan diri sendiri terus akan bermunculan, selamanya tanpa berhenti.
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar