Selasa, 01 Desember 2009

遠 渡─開荒守則Melintas sampai ke tempat yang jauh---tata tertib seorang pembuka lahan pelintasan Tao

開創道場慈心悲,荒地灌溉苦心培,守護幼苗長茁壯,則令師心暗滴淚。
Pembuka lahan Tao yang baru menunjukkan welas-asihnya, lahan yang tandus dipupuk dengan berjerih-payah, melinduni tunas baru agar bisa tumbuh besar dan kokoh membuat hati guru diam-diam meneteskan air mata.
開荒下種好賢契,功勞苦勞土天記;爾若遵德守則行,八九距十不會離。
Membuka lahan menaburkan bibit adalah merupakan orang yang budiman, jerih-payah dan jasa pahala tercatat di langit, kamu kalaulah mematuhi kemoralitasan dan menjalankannya, tidak akan bisa lepas darinya.
群策共群力,遵著領導去,莫說對與否,自有因緣聚。
Bersama-sama merencanakan mematuhi perintah atasan, jangan mengatakan gosip, dengan sendirinya jodoh akan berkumpul.
正己先成人,三心四相爾不能,貪嗔痴愛俱飛騰。無明一起慈悲何存,更莫談他事。
Menegakkan diri sendiri duluan mensukseskan orang lain, tiga hati dan empat wujud kamu janganlah ada, tamak, angkara murka dan kebodohan tanggalkanlah. kegelapan batin muncul tidak tersisakan akan welas-asih, semakin tidak usah membicarakan yang lainnya.
教學相長要盡全心,我聚一體勿了了草率。疑難雜症多用心,閒無事時聚會研商,莫自行自是,分秒廢不得.
Mengajari dan belajar harus sepenuh hati, semua orang sehati jangan sembarangan. Kesulitan dan masalah yang rumit banyak-banyaklah menggunakan hati, tidak ada kerjaan saling membahas Dharma, jangan bertindak semaunya, tidak boleh menghamburkan waktu dengan percuma.
心學濟公,行莫偏私,與人生信,當知近道皆要心。
Hati belajar seperti CHI KUNG, jangan egois, membuat orang lain timbul kepercayaan, haruslah diketahui mendekati Tao memerlukan hati.
認人修道,情斷道斷,雖非爾過,仍愧於天。
Melihat orang lain membina Tao, memutuskan perasaan dan Tao, walaupun bukan kesalahan kamu, tetapi tetap saja merasa malu terhadap langit.
雖處異地,如在自鄉,若是旅遊,匆匆了斷,以何自恃,位居天榜?
Walaupun berada di negri orang, bagaikan di kampung sendiri, kalaulah bertamasya, tergesa-gesa memutuskannya,tanpa dipertahankan, apakah bisa terdaftar posisinya di langit?
一言一行慎為要,淺句幾筆可使人成道,可使人心拋,可使人墜落,可使人自了。
Perbuatan dan perkataan sangatlah penting, sepatah kata saja bisa membuat orang berhasil membinaTao, juga bisa membuat orang tercampakkan, membuat orang terjerumus,membuat orang bunuh diri.
言必行,行必言,風雨無阻,惡衣惡食,莫可近道,堅貞意貫,自覺自成。
Perkataan harus dilaksanakan, dilaksanakan harus dikatakan, tanpa terhalangi oleh angin dan hujan, kesadaran diri akan membuat diri berhasil.
開荒並非偶然;放下自己的幸福,不要執著,一起回天享受天倫;要知道回天享樂才是長久的,為何放不下?為何還要做假面子呢?
Membuka lahan baru bukanlah kebetulan, melepaskan kebahagiaan diri sendiri, jangan terbelenggu pada keterikatan, bersama-sama pulang ke Nirwana untuk menikmati kebahagiaan di Nirwana,haruslah diketahui pulang ke Nirwana menikmati kebahagiaan barulah langgeng abadi, mengapa tidak bisa dilepaskannya? mengapa harus berkedok palsu lagi?
出國辦道有時人心雜,三言兩語考是非,不管裡裡外外,希望你們同心,如不同心,內憂外患就麻煩。愛搗是非,念念﹝嗔念﹞不休的,到時老師會不客氣的。
Keluar negri melaksanakan Tao terkadang hati badani sangat kacau-balau, dua tiga patah kata menguji dengan gosip, tidak pedulikan luar dalam, harap kalian sehati, kalau tidak sehati,dalam kacau luar banyak bahaya sungguh sangat meropatkan? Orang yang suka bergosip, yang suka mengomel tidak henti-hentinya, pada saatnya nanti guru akan tidak segan-segan lagi.
一個團體要緊緊相繫相連,最怕的是人心不合。有了考驗,也是為了使你們更上層樓,須戰戰兢兢的,道途便是如此。試著挑起棟,挺起樑,做好你們的天職,盡好你們的責任,代天宣化就要公心一片,出去的必定是精英,不可草草率率無綱無紀。
Sebuah kelompok harus bisa saling berhubungan dengan erat dan kompak, yang paling ditakutkan adalah hati orang yang tidak cocok. Ada terjadi ujian/cobaan, juga adalah demi membuat kalian semakin mencapai peningkatan, haruslah dalam keadaan siap menyambut segala kalangan yang datang menerjang, perjalanan Tao juga haruslah demikian juga. Cobalah untuk memikul beban, baik-baiklah melaksanakan jabatan langit dari kalian, tuntaskan dengan baik tanggung jawab kalian, mewakili langit menyebarkan Tao, haruslah mempunyai hati yang demi untuk umum, yang keluar negri melaksanakan Tao merupakan pilihan, tidak boleh sembarangan tanpa ada aturannya.
各帶班講師壇主,自己不立愿不修行,惡習還是惡習,老師能替你改嗎?不是愛出風頭,盡擺高貴,為師要的是低心下氣,純純樸樸的修道人。希望大家亦步亦趨,希望大家趕快負起責任,不然國內國外道務要宏展你們辦得到嗎?
Para juru kotbah, pengurus vihara yang membawa kelas [bertanggung jawab atas berbagai macam kelas Dharma], diri sendiri tidak menegakkan ikrar tidak membina diri, tabiat/sifat buruk tetap saja berupa tabiat buruk, apakah guru bisa mewakili kamu merubahnya? Jangan suka pamer dan tonjolkan diri, selalu berlagak mulia, yang ingin guru inginkan adalah orang yang membina dengan rendah hati ,polos, lugu dan sederhana. Harap kalian semua selangkah demi selangkah menjalankannya, berharap kalian semuanya cepat-cepatlah memikul tanggung jawab, kalau tidak wadah KeTuhanan luar negri dan dalam negeri berkembang pesat, apakah kalian bisa melaksanakannya?
修道是修自己,不是修人情。如果你正了,上樑不正也不怕。但也不要太心急,一切自有定數。
Membina Tao adalah membina diri sendiri, bukan membina perasaan orang. Kalaulah kamu tegak, tiang atas tidak lurus juga tidak akan takut. Tetapi juga tidak boleh terlalu gegabah, segalanya sudah ada ketentrmannya tersendiri.
天職是自己做,自己得來的,一切一切非師能左右。
Jabatan langit adalah diri sendiri yang melaksanakannya, diri sendiri yang mendapatkannya, segala-galanya bukanlah guru yang dapat mempengaruhimu.
開荒闡道實不易,如有摻雜人心去,愧對天恩違師恩,雷暴風殘絕不辭。
Membuka lahan baru mengembangkan Tao bukanlah gampang, kalaulah ada tercampur hati badani ke dalamnya, malu atas karuna langit dan budi kebaikan guru, walaupun diterpa angin dan badaipun tidak akan mengurungkan niatnya.
求道的殊勝不是我們看得出來的,修道人最重要的是不要分你我,這是阻礙向前走的心。
Kekharismaan dari memohon Tao tidak dapat terlihat oleh kita, orang yang membina Tao yang paling penting adalah tidak membedakan antara aku dan kamu,ini akan menghambat hati untuk maju lebih ke depan lagi.
人間把事看重,天上就把事看重。國內外辦道平日多叩首懺悔,絕不可偷懶。成全眾生要有計畫,要有志向。光有心到了國外沒有把事辦好,把人成全好,也是不行的。
Orang dunia memandang berat pada permasalahan, langit juga melihat permasalahan dengan lebih berat. Melaksanakan Tao di luar negri dan dalam negri setiap hari perbanyak bersujud, bertobat, tidak boleh malas. Membimbing umat harus ada perencanaannya, haruslah ada arah dan bertekad. Hanya ada hati pergi ke luar negri tidak melaksanakan dengan baik, tidak membimbing orang dengan baik,juga adalah tidak diperbolehkan.
眾志成城,就不會錯的,看到錯的要勇於提出。
Tekad semua orang bisa menjadi sebuah kota besarnya, adalah tidak ada salahnya, melihat kesalahan haruslah berani untuk mengungkapkannya.
一言一行要端莊,有否做到?行住坐臥皆是道,人心險惡難披靡,惟有道中凝正氣,唯唯盱盱坐有中!
Perkataan dan perbuatan haruslah berwibawa, apakah ada melakukannya? Berjalan, tinggal, duduk, tidur, semuanya adalah Tao, hati manusia penuh dengan kejahatan dan bahaya, hanya dengan Tao bisa memusatkan hawa murni, bersatu di dalam azas ketengahan/sifat semula.
此時的天時,徒兒應明瞭,保持平常心,仙佛自會助化。
Keadaan situasi langit pada saat ini, murid-murid haruslah bisa memahaminya, menjaga terus pada hati yang wajar, Buddha dengan sendirinya akan membantunya.
個人因緣不同,國外辦道,國內不要這斷那斷兩頭兼顧才是本。
Jodoh setiap orang adalah berlainan,melaksanakan Tao di luar negri dan dalam negri janganlah sini tidak jadi, sana juga tidak jadi, harus bisamenjaga kedua-duanya barulah sebagai pokoknya.
出國開荒,不要忘了帶一個根本去,帶根本去感化人,自己沒有根本還要給人家根本?你們的根本跟別人不一樣啊?
Keluar negri membuka lahan, jangan lupa membawa akar sumbernya, membawa akar sumbernya untuk menggugah orang lain, diri sendiri tidak ada akar sumbernya masih mau memberikan pada orang lain? Akar sumber dari hati adalah tidak sama dengan orang lain?
徒兒們可知如何安伏這顆不安定的心?
Murid-murid sekalian tahukah bagaimana untuk menenangkan dan menentramkan hati yang selalu bergejolak?
[一]以慚愧不足的心,來策勵自己.
Dengan hati yang malu lantaran kemampuan yang kurang memadai, untuk memberikan dorongan/dukungan pada diri sendiri.
時時覺得自己不足,自己對道場,對前賢對後進是否盡心?以慚愧不足的心來勉勵自己,來加鞭策勵自己。
Setiap saat merasakan diri sendiri masih kurang, diri sendiri terhadap wadah KeTuhanan, terhadap pendahulu, terhadap pemula betulkah telah dengan sepenuh hati? dengan hati yangf malu untuk memberikan dorongan/dukungan kepada diri sendiri, untuk memcambuk dan mendorong diri sendiri.
[二]以淡泊少欲的心,來止自己的貪心。
Dengan hati yang hambar/hampa dan sedikit berkeinginan/nafsu untuk menghentikan ketamakan diri sendiri.
貪心人人皆有之。聖賢菩薩為救世救人所以須戒貪,以淡泊為要。淡字是水在先,以水來滅火。泊字是水與白,水本來清再加白更清。如清水與濁水相混定成濁水,故要清靜使清者上昇,濁者下降,消除一切無明火才能淡泊即能少欲。欲字是人人相欠,人人相爭使欲念產生,能淡泊使人不會互相欠人。我們若不願意種下一些因,種下一些果的話,就要先把欲掃掉。
Setiap orang ada memiliki sifat tamak, orang suci, Bodhisatva demi untuk menolong dunia menyelamatkan manusia maka perlu mematuhi larangan bertamak, dengan hambar/hampa sebagai pokoknya. Aksara 淡 terdiri dari air dan dua api, air duluan menulisnya,yakni dengan menyiram dan memadamkan api; aksara 泊 adalah terdiri dari air dan putih, air mulanya adalah jernih ditambah lagi seperti air jernih bercampur dengan air keruh pastilah akan menjadi air yang keruh, maka harus tenangkan biar yang jernih ke atas yang keruh mengendap, menghilangkan segala api emosi barulah dapat 淡泊[hambar], dapat berkurang nafsunya. Huruf 欲 berarti setiap orang saling hutang, setiap orang saling berebutan membuat niatan nafsu timbul, dapat hambar membuat orang tidak bisa saling hutang orang! Kita kalaulah tidak rela untuk menanam sedikit sebab, menanam akibat, maka duluan harus menghapuskan keinginan/nafsu.
[三]以嚴持戒律之心,遠其諸惡。
Dengan memperketat hati dalam mematuhi larangan, menjauhkan diri dari segenap keburukan.
儼如作客,到一陌生地方,對自己總是嚴律以求,使自己有氣質有禮貌。而修道人當將此嚴律持之以恆。戒者是防心,身之過,以戒謹慎自己。中庸上云:「君子慎其獨也。」在道場應守規矩,守做人應守的道理,方能遠其諸惡。
Bagaikan sedang bertamu, sampai pada suatu tempat yang asing, terhadap diri sendiri selalu menuntut dengan keras, agar diri sendiri jadi penuh dengan sopan dan kerkepribadian. Orang yang membina Tao haruslah menjaga pantangan dengan tegas dan dengan berkesinambungan, larangan adalah menjaga supaya hati dan badan tidak berbuat kesalahan,dengan larangan untuki membuat diri sendiri lebih mawas diri. Kitab tengah harmonis: [orang budiman itu lebih mawas diri sewaktu dalam kesendiriannya], di dalam wadah KeTuhann seharusnya menjaga peraturan, menjaga menuruti norma-norma /kaidah moral yang harus dilakukan bagi seorang manusia, barulah dapat menjauhkan diri dari segala keburukan.
[四]以鎮靜頭腦,養益理智。
Dengan kepala yang tenang dan jernih,berguna untuk kearifan
為師希望你們,常以鎮,以靜制心,鎮而不可躁,靜是安而不動,鎮靜使頭腦清楚養我們的理智,不要一時的糊塗,尤其對於情網是危不可陷的。
Guru berharap pada kalian,seringlah tenang,dengan ketenangan dalam mengendalikan hati, tenang dan tidak tergesa/terburu-buru, diam berarti tanpa bergerak,dengan demikian otak kepala kita akan sangat jelas memupuk akan kearifan, bukan ceroboh sesaat, apalagi terhadap jaring asmara tidak akan terjerumus ke dalam bahaya.
[五]以說辭文字,解決疑難。
Dengan kata-kata untuk menjalankan permasalahan yang rumit.
雖然真經不在紙上,言道即非。然不藉著文字著手,亦無法了解,無法解決疑難。故研究經典道義,體貼上天之心,解決問題,勿以人情,應以公心為要,多方面的充實自己,使人能斷疑生信,方為一清靜之輩。
Walaupun kitab sejati tidak terdapat dalam kertas, membicarakan Tao adalah bukan merupakan Tao yang asli. Tetapi tidak meminjam dengan huruf-huruf, akan tidak sanggup untuk memahaminya, tidak sanggup untuk menjalani permasalahan. Makanya kitab suci dan makna yang terkandung dalam Tao, memahami hati langit, mengatasi masalah, jangan menggunakan perasaan manusia, sepantasnya menggunakan hati yang untuk umum, sebagai yang paling penting, perbanyak menambah wawasan dalam segala bidang untuk memperkayai diri, dengan orang lain dapat memutuskan kebimbangan dan melahirkan keyakinan, barulah bisa menjadi seorang yang jernih dan tenang.
[六]以廣大智慧出其迷津。
Dengan kearifan yang luas untuk keluar dari ketersesatan.
何謂迷?迷就是自性十字架被酒色財氣拖著走,把此性拉走。人心是好變的,要緊鎖心猿,牢扣意馬。所以人心好靜而慾牽之。牢即是關,扣即是扣壓,能降伏此心,拿出智慧分辨出迷津。
Apa yang dimaksud dengan sesat? Sesat berarti salib dari sifat semula telah dipengaruhi dan dikuasai oleh arak, nafsu,harta, amarah, menyeret pergi sifat semula. Hati manusia adalah gampang berubah-ubah, haruslah mengunci erat hati yang bagaikan monyet, mengunci erat akan niatan. Makanya hati manusia tenang akan menyeret pergi nafsu dan hasrat. 牢itu berarti mengurungnya, 扣itu berati menekannya, dapat mengendalikan hati ini,keluarkan kearifan untuk membedakan yang sesat.
[七]勇猛精進,修其大道,如而不行,道非我有。
Bergiat untuk maju dalam pembinaan Tao. Tahu dan tidak melaksanakannya, Tao bukanlah milik saya.
所謂「一念不生,無物可掃,心定何用禪功?」
Yang dimaksud dengan [satu niatan tidak muncul, tanpa ada benda yang bisa disapu, hati kalau sudah mantap mengapa harus menggunakan teknik pemantapan hati?]
修道在於個人,雖說有好環境的推動,也不能像溫室的花朵,像永遠長不大的籠中鳥。外人的支持只不過是起步,你們現已在開辦領悟的境界中,所以須勇猛精進,透徹一切,以至誠精明咬潔的心應事,又何須掃除?故心既定何用悟禪?
Membina Tao ada pada individunya, walaupun dikatakan ada lingkungan yang baik yang mendukungnya, juga tidak dapat seperti bunga yang di ruangan hangat, seperti burung dalam sangkar yang selamanya tidak bisa tumbuh besar. Dukungan dari luar hanyalah merupakan titik permulaan saja, kalian sekarang ini sudah mudah memasuki tahap perenungan diri, makanya perlu semangat yang menggebu-gebu dalam bergiat mempelajarinya, agar bisa lebih transparan dalam memandang segalanya, dengan hati yang terang benderang, kebersihan hati, kesungguhan dalam menghadapi segala permasalahan yang ada, juga mengapa harus membasminya? Makanya hati kalau sudah mantap, mengapa harus menggunakan lagi teknik perenungan diri?
「定以制妄,理以制欲。」
[kemantapan untuk mengendalikan pikiran yang muluk-muluk, hakekat kebenaran untuk mengendalikan nafsu/keinginan.]
定即是守,這守是一個蓋字,將這點方寸寶地,把它壓制,在不可能中求可能,所以極為不易,須盡平生之力,以豪情萬丈無比的壯志慈悲之心,為世界為原佛子而犧牲.就像蠟燭佛燈一般,老師將永遠為你們加油,加你們持力之油,但願你們有始終一貫的心。妄字即亡,女。女子有妄必亡。以聰明般若之智,除卻一切不需要的慾念。妄想雖人皆有之,修其大道則須制其妄,如若知而不行,那道非我有。
定itu menjaga, huruf 守 ada terdapat sebuah penutup, menjadikan tanah pusaka ini [tempat bersemayamnya roh], agar dia bisa ditekan, di dalam ketidak kemungkinan mencari kemungkinannya. Makanya sangat tidak gampang, harus mengupayakan kekuatan sepanjang hidupnya, dengan semangat yang tidak terkalahkan dan hati yang berwelas-asih, berkorban demi bibit Buddha yang ada di dunia ini. Bagaikan lilin dan lentera Buddha, guru selamanya akan menambah minyak untuk kalian, menambah minyak keteguhan,semoga kalian mempunyai hati yang dari awal hingga akhir tetap sama. 妄terdiri dari 亡[mati,女[wanita], kaum wanita kalaulah memiliki 妄[hayalan yang muluk-muluk] pastilah akan mati. Dengan kearifan dalam memberantas segala nafsu keinginan yang tidak perlu. Walaupun setiap orang mempunyai pemikiran yang muluk-muluk, membina Tao haruslah mengendalikan akan hayalan yang muluk-muluk,seperti tahu tapi tidak dijalankan, Tao bukan milik saya.
[八]以輕財好施之心破其吝嗇.
Dengan kegemaran dalam beramal untuk memecahkan hati yang pelit
能不能淡其財?為師看你們都不是守財奴,被其吝嗇輕財,看淡一切財物終非我有,皆身外之物。世間萬般皆下品,惟有修道最高超。不只要輕財還要好施,有困難大家須共同解決,以側隱之心,慈愛的手拉人一把。此去的道路是坎坷又遙遠的,不管如何,誰也不能自暴自棄,大家要萬眾一心,攜手同往。
Dapatlah memandang hambar akan harta? Guru lihat kalian semuanya bukan merupakan budak harta, memecahkan kepelitan, satu-satunya adalah memandang ringan akan harta, memandang hambar akan segala harta benda akhirnya juga bukan milik saya, merupakan benda yang di luar tubuh kita.Segala benda yang ada di dunia ini merupakan barang rendahan, hanya dengan membina Tao yang paling mulia. Bukan hanya dengan memandang ringan pada harta masih harus gemar dalam beramal, ada kesulitan kita bersama-sama harus mengatasinya, dengan hati yang tidak tega melihat kesulitan orang, dengan tangan yang penuh dengan welas-asih untuk menarik orang lain. Perjalanan ini penuh dengan liku-liku dan jauh sekali,tidak peduli bagaimana pun, siapa pun tidak boleh emosi sendiri dan ingin menelantarkan diri sendiri, semua orang haruslah mempunyai satu hati, bersama-sama dalam menyelusurinya.
[九]以仁慈之心破除人我相。
Dengan hati yang belas-kasih untuk memecahkan belenggu wujud orang dan aku.
應以什麼破除人我相?大公無私之心。永恆之心如太陽恆照大地般,大家要忠於老天,向老天保障。何謂仁?何謂慈?仁者仁愛,慈者慈悲。孟子說:「側隱之心人皆有之。」孔夫子講仁,孟子講義。「生亦我所欲也,義亦我所欲也,二者不可得兼,捨生而取義也。」然愛此身而患此身,此身雖為坤道,然沾了師母之德,若能以仁為己任,以天下為己任,亦能佔鰲頭。梁啟超說:「天下進步靡有止期,吾之志願亦靡有止期。」平時充實修養鍛鍊正己才能夠以德他他人。慈悲即有悲天憫人之心,為師相信你們都有仁慈心,但還不夠還須加油。
Sepantasnya dengan apa untuk memecahkan belenggu wujud orang dan aku? Hati adil tanpa egois.hati yang berkesinambungan bagaikan matahari yang menerangi bumi, kalian harus setia pada langit, menjamin pada langit. Apa yang dimaksud dengan jen[belas-kasih]? Apa yang dimaksud dengan welas-asih? Belas-kasih disebut dengan cinta kasih,dan welas-asih. Mengcius berkata: [hati yang tidak tega melihat penderitaan orang lain,setiap orang pasti ada memilikinya,] Konfusius berkata tentang belas-kasih, Mengcius mengatakan loyalitas. [saya ingin sekali tetap hidup, saya juga sangat menyukai akan loyalitas, keduanya tidak dapat didapati sekaligus, akan mengorbankan nyawa untuk mendapatkan loyalitas.] kemudian mencintai badan saya, jadi terperangkap oleh badan ini, badan ini bagaikan sebagai kaum wanita, kemudian kecipratan oleh moral dari sang ibu guru, kalaulah dapat dengan belas-kasih sebagai tanggung jawabnya, dengan dunia sebagai tanggung jawabnya, akan mendapatkan hasilnya. Ling Chi Chan berkata: [kemajuan dunia akan batas waktunya, tetapi tekad saya tanpa ada terbataskan oleh apapun.] biasanya dengan membina diri menggembleng diri, menegakkan diri barulah bisa dengan moralitas dalam merubah orang lain. welas-asih berarti mempunyai hati yang mengasihani orang lain, guru percaya kalian semuanya mempunyai hati yang belas-kasih dan welas-asih, tetapi masih belum mencukupi , masih harus bergiat lagi.
[十]以直心忠告之心,勉求進取。
Dengan hati yang tegak untuk memperingati diri, mendorong untuk menuntut kemajuan.
人心善變,人非聖賢,孰能無過。現在都不錯,將來不敢保證,故在一起要互相勉勵,當一天和尚須敲一天鐘。對於道場,對於後進應盡心,同輩有錯,應以心平氣和,坦率誠懇之心來忠告。不要不管他們,否則不夠朋友。何況你們不只是朋友,更要坦誠忠告,勉勵進取。
Hati manusia gampang bersabar,manusia bukanlah orang suci, mana ada yang tidak pernah bersalah. Sekarang semuanya tidak salah, kelak tidak berani jenjaminnya, maka bersama-sama harus saling memberikan dorongan, menjadi hwesio sehari harus mengetuk satu harian. Terhadap wadah KeTuhanan, terhadap orang yang baru masuk haruslah dengan sepenuh hati, sesama pembina yang satu tingkatan ada salah, seharusnya tenangkan hati dan dengan ramah dan hati yang sejuk untuk memberitahukan dia. Jangan tidak mempedulikan mereka; Kalau tidak punya tenggang rasa sesama kawan. Apalagi kalian bukan sekedar kawan, makin harus dengan kesungguhan hati memberitahukannya. Mendorong dengan lebih maju lagi..
以上為修行之境界。體梧要切切實實做到,如只求外在,不求內在,那只有望天興嘆了。
Yang tertera di atas merupakan tahapan bagi pembinaan diri. Renungkanlah dan harus diterapkan dalam keseharian, kalaulah hanya tahu menuntut yang di luaran, tanpa menuntut yang di dalam, hanya akan mengecewakan saja
師珍惜你們,你們有否珍惜自己?要有信心去渡人,每個人都是菩薩,要做到別人做不到的事,師靠一點心求老 是不夠的。
Guru menyayangi kalian, apakah kalian ada menyayangi diri kalian sendiri? Hemdaklah ada memiliki kepercayaan di dalam melintasi orang lain, setiap orang adalah Bodhisatva, hendaklah melakukan hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain,hanya mengndalkan guru memohon pada LAU MU adalah tidak cukup.
看看這世界為了生活忙碌,轉眼生命消失,多悲哀!我們要把握此生,勿障礙自己,好好修持。
Melihat dunia ini demi kehidupan selalu sedemikian sibuk sekali, sekejap saja telah kehilangan akan nyawa, begitu menyedihkan sekali! Kita hendaklah memanfaatkan pada kehidupan ini, jangan menghalangi diri sendiri, baik-baiklah membina diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar