◎ 三天法會的時候,老師很高興,你們一個個立了財法雙施,一個個立了重聖輕凡。為師我都想,只要做得重聖輕凡,你們就成了。結果,騙我的,你們哪裡重聖了?如果你重聖輕凡,你今天不會這樣滿面污垢;如果你今天重聖,你就算在人道上,你也會記得綱常倫理,你也懂得謙卑;如果你真的重聖,你就不會家庭不圓滿,因為你會去想辦法圓滿你所有的缺欠;如果你重聖,你就會心有慚愧,你會跟所有的人道歉,你不會趾高氣昂,頤指氣使,只會拿道德要求別人,卻不會拿道德要求自己。
Waktu diadakan pertemuan Dharma 3 hari, Guru sangat bergembira sekali, kalian semuanya berucap ikrar “dana dan Dharma sama - sama didermakan”, semuanya berucap ikrar “Mengutamakan surgawi daripada duniawi”. Kalaulah kamu lebih mementingkan urusan surgawi dibanding urusan duniawi kalian pasti berhasil, tapi akhirnya hanya membohongi Guru, kalian mana ada yang mementingkan urusan surgawi ? Kalaulah kalian mementingkan urusan surgawi dibandingkan dengan urusan duniawi, hari ini kalian tidak mungkin penuh dengan segala kotoran duniawi, kalaulah kamu hari ini lebih mementingkan surgawi, di dalam perikemanusiaan, kamu juga bisa ingat akan segala norma - norma kehidupan, kamu juga mengerti untuk merendahkan hati, kalaulah kamu betul - betul lebih mementingkan surgawi, rumah tanggamu pasti tidak akan berantakan, karena kamu bisa memikirkan cara untuk menyempurnakan segala kelemahan dan kekuranganmu. Kalaulah kamu lebih mementingkan surgawi, kamu akan merasa tahu malu, kamu bisa meminta maaf sama orang lain, karena tidak akan tinggi hatinya, tidak beremosi, tidak akan hanya menuntut orang lain untuk melaksanakan segala hal menuruti norma - norma etika kehidupan, malahan tidak bisa menuntut diri - sendiri.
◎ 現在修道,以德性為重,真誠渡人,宗旨不變,什麼奇怪花招,什麼靜坐為肉體,那都是假的!不准崇拜,你今天如果做到一個「忠」字,看到祖師你就難過。哪裡有什麼崇拜?道理講得好聽有什麼用呢?一個「孝」字就做不到,還講什麼大道理!如果沒有德性,講得舌燦蓮花有什麼用?所以也不要這裡聽、那裡聽,要踏實,講道要穩,要有道味,要真真切切。你今天講出來的話有沒有道味,那得要看你平常的修持啊?
Sekarang membina diri yang penting adalah moralitasnya, bersungguh dalam melintaskan orang, prinsip tidak berubah. Jurus - jurus aneh, bersemedi itu semuanya hanya palsu belaka tidak boleh terlalu mengagung - agungkan individu, kalaulah hari ini kamu betul - betul setia, melihat kakek Guru kamu pasti akan sedih, mana ada yang akan diagung - agungkan ? Berceramah dengan bagus kedengarannya, apa pula gunanya ? Kalaulah “berbakti” saja tidak bisa dilaksanakan, mana bisa berceramah hakekat kebenaran yang lebih dalam! Kalaulah kamu tidak ada moralitas, berceramah dengan baik sekali pun apalah gunanya, makanya jangan terlalu mendengarkan pembicaraan yang kurang membangun. Pondasinya harus kokoh, berceramah haruslah padat dan kokoh, masih harus ada rasa Taonya, harus yang sebenarnya, hari ini kamu berbicara ada atau tidak ada nilai Tao, ini akan terlihat dari pembinaan sehari - hari dari kamu ?
◎ 你若有大無畏的精神,無論順考、逆考、顛倒考、財考、智慧考、情色考,均能關關考過。我們好人不遭劫,只會遭考─考多少,就定多少品蓮;過多少關,就成就多少。為師從來不嫌棄我的徒兒,只要你們累劫中還有那麼一點點善根,我一定救到底。所以我的徒兒,你們不能隨便說人家冤業重,有些人真的執著很深,有些人的確勸不醒;但是,他也是我們的兄弟,你們這個時候辦道正好立大功大德。你今天為什麼常常受人家侮逆?為什麼常常受人家譭謗?為什麼常常不如意?因為我們過去不好。不過沒關係,上天永遠疼惜受苦受難的人,既然不好,我們得要靠修道來扭轉。
Kalaulah kamu ada semangat yang tanpa pamrih, walau pun mengalami ujian yang mengikuti arus, ujian yang melawan arus, ujian yang jungkir balik, ujian dalam bentuk harta, kearifan, nafsu birahi, pasti akan bisa melewati segala halangan dan rintangan. Kita orang baik tidak terkena bencana, hanya akan mendapatkan ujian, semakin banyak ujian akan menentukan berapa besar singgasana teratainya, melewati berapa banyak halangan, akan mendapatkan berapa banyak pula hasilnya. Guru tidak pernah menelantarkan murid, biar pun kalian dalam kubangan / genangan dosa, asalkan masih ada terdapat sedikit akar kebajikan, Guru pasti akan menyelamatkan kalian, makanya murid - muridKu, kalian jangan sembarangan mengatakan dosa orang lain terlalu berat, karena ada sebagian orang terbelenggu oleh ikatan dunia yang terlalu dalam, ada sebagian orang lain yang betul - betul dinasehati tidak mau sadar, tetapi dia merupakan saudara kita juga, kalian pada saat ini melaksanakan Tao betul - betul merupakan saat yang tepat untuk membuat jasa pahala besar. Kenapa hari ini kamu sering sekali selalu ditentang orang ? Kenapa sering difitnah / dihina orang lain ? Kenapa sering tidak lancar ? Karena pada penitisan lalu kita berbuat sangat tidak bagus. Tetapi tidak ada masalah, langit selamanya selalu menyayangi orang yang tertimpa kesusahan dan penderitaan, walau pun tidak baik, kita harus mengandalkan membina diri untuk mengubah keadaan yang tidak baik menjadi baik.
◎ 你們常常拿老師當藉口,說我們老師修的是什麼道?是無為,是瀟灑,是不是?﹝是﹞其實老師真的瀟灑嗎?你們看過老師我閒著沒有?﹝沒有﹞每次老師我臨壇,有幾次是坐的?很少,是不是?你們都不知道!菩薩真的好命嗎?﹝不是﹞菩薩禍大,成就也大。你們喜歡看命相,說誰命好,誰不好,你們的前人命好不好啊?為師命好不好?成仙作佛還要勞碌,命哪裡好!所以你們好逸惡勞,是不可能成就的。去看面相,講到你好命,便笑嘻嘻;講到命不好,心裡便難過,完全執著於後天,一點道味都沒有。你們不是常有什麼「心聲迴響」嗎?你們老前人是不是常說你們名堂很多,你們知道什麼是「名堂」嗎?是不是找樂趣?把修道當樂趣,怎麼樣變才吸引人?怎麼變才好玩?怎麼變才快樂?真是逐慾而流!你們要逆流而上,為師對你們永遠有信心。有一天要我們幫忙收屍的時候,大家會更苦啊!
Kalian sering menggunakan Guru sebagai alasan, berkata yang dibina oleh Guru adalah Tao apa ? Berbuat tanpa pamrih, bebas tanpa ikatan, bukankah begitu ? (Ya) Sebenarnya apakah Guru betul - betul begitu bebas tanpa ikatan ? Apakah kalian pernah lihat Guru tidak ada kerja walau sekejap saja ? (Tidak) Setiap kali Guru datang berapa kali hanya duduk saja ? Sangat sedikit, bukankah begitu ? Kalian semuanya tidak tahu apakah Bodhisatva bernasib baik ? (Tidak) Bodhisatva bencananya besar, keberhasilannya juga akan besar. Kalian suka melihat ramalan nasib, berkata siapa yang bernasib baik, siapa yang tidak ? Apakah nasib sesepuh kalian baik atau tidak ? Nasib Guru baik atau tidak ? Menjadi Buddha adalah sangat sibuk sekali, mana ada yang bernasib baik! Makanya kalau kalian suka senang dan tidak suka menderita, tidak akan mungkin bisa berhasil. Melihat ramalan nasib berkata kamu bernasib baik, kamu tertawa, bila berkata nasibmu tidak baik, dalam hati sangat menderita, segalanya terbelenggu pada suratan nasib, sedikit pun tanpa adanya rasa Tao. Bukankah kalian sering mengadakan kegiatan “Mengutarakan suara hati dari para peserta” ? Bukankah maha sesepuh (Lau Chien Jen) kalian sering berkata kalian banyak sekali keluarkan jurus aneh, apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan “Jurus Aneh” ? Yakni mencari kegembiraan. Menjadikan membina Tao sebagai suatu kebiasaan yang mendatangkan kegembiraan, mau bagaimana baru bisa menarik orang lain ? Bagaimana supaya permainan menarik ? Bagaimana baru bisa gembira ? Benar - benar sangat pandai untuk mengatasi segala kegundahan yang ada di hati! Kalian mestilah bergerak maju pantang mundur, Guru selamanya menaruh kepercayaan terhadap kalian. Bila suatu hari menyuruh kita membantu membersihkan mayat - mayat yang berserakan, kalian akan merasa lebih menderita lagi.
◎ 你們知不知道阿修羅住哪裡?住須彌山以北,是在海下面,很痛苦的,為什麼人家成修羅?﹝嗔念﹞不只是嗔念喔!他們有「天福」,但沒有「天德」。我們今天為什麼說要修聖福,不修凡福?我們這些都不是希望在來世享受的,我們修的是天爵,是三千六百聖、四萬八千賢,這些都天福;我們在人間不斷受苦,這個叫了凡業。我們連凡福都不想要,我們只要天福。你有了天福,還要有德,德從哪裡來?從你先能夠出世,還要再入世,仙佛從沒有因為自己回歸了爵位而不再下凡渡人的。
Tahukah kalian Iblis Asura tinggal di mana ? Tinggal di Si Mi San (Gunung yang sangat tinggi) sebelah utara, tepat di bawah lautan, sangat menderita sekali, kenapa bisa menjadi Iblis Asura ? (Karena ada hawa angkara murka) Bukan saja karena amarahnya, mereka ada Thien Fu (rezeki langit), tetapi tidak mempunyai Thien Te (moralitas dari langit). Kenapa hari ini kita mau membina Sheng Fu (rezeki kerohanian), tidak membina Fan Fu (rezeki duniawi) ? Kita semuanya tidak mengharapkan lagi datang ke duniawi untuk menikmati kemewahan duniawi, yang kita bina adalah posisi gelar langit yakni calon dari 3600 orang suci, 48000 orang budiman ini semuanya adalah Thien Fu (rezeki langit), kita di dunia tidak habis - habisnya mengalami penderitaan, ini disebut dengan melunasi / menunaikan beban - beban dosa yang telah kita perbuat pada penitisan terdahulu. Kita sudah tidak mau lagi menikmati rezeki duniawi, kita cuma hanya menginginkan rezeki langit. Kamu sudah ada rezeki langit, masih harus ada moral, dari mana datangnya moral ? Moral berasal dari sesudah meninggal mau dilahirkan kembali ke dunia, para Buddha tidak ada satu pun yang telah mendapatkan gelar ke - Buddha - annya, lalu tidak mau datang lagi ke dunia untuk melintaskan umat.
◎ 上天告訴我們,真道有四點;一個是「頓」一直指人心,見性成佛,現在要把人心換什麼心啊?﹝佛心﹞;一個是「漸」─要漸修,不要以為你得了一點,你就比其他殊勝;一個是「權」─權宜,要用什麼法門?是大隱,還是大顯?上天自有權衡,所以我們不知道什麼時候有道,什麼時候沒道,但是你們一定要記得,你們的行為裡面就有道,做得有道還怕無道嗎?最後一個是「實」,頓、漸、權、實啊!
Langit memberitahukan kepada kita, Tao yang sejati ada 4 ciri - ciri yakni : yang pertama adalah “Sadar Seketika” artinya langsung menunjukkan pada hati manusia, melihat kerohanian / aku sejati / hati nurani dan berhasil menjadi Buddha, sekarang ingin menggantikan hati duniawi menjadi hati apa ? (Hati Buddha) Yang kedua disebut dengan “Bertahap” artinya harus bertahap - tahap dibina, jangan beranggapan kamu telah memperoleh satu petunjuk suci maka kamu merasa lebih istimewa dibandingkan dengan orang lain, yang satu lagi adalah “Kekuasaan” artinya dalam kekuasaan. Dengan cara apa Dharma disebarkan ? Yang tidak terlihatkan atau yang kelihatan, kekuasaannya terletak pada langit, makanya kita tidak tahu kapan ada Tao, kapan tidak ada Tao, tetapi kalian harus ingat, kelakuan kalian telah mengandung Tao, berbuat atau melaksanakan perbuatan dengan adanya Tao, mengapa harus takut tidak ada Tao ? Yang terakhir adalah “Nyata” artinya yang sesungguhnya, yang nyata.
Selasa, 01 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar